INVESTASI

Mengenal Lebih Dekat Investasi Pasar Modal di Mandiri Sekuritas yang Jadi Andalan Masa Depan

Content Manager
05-Oct-2021

Mumpung masih awal tahun, masih ada banyak waktu untuk merealisasikan resolusi keuangan yang ditargetkan tahun ini dan ke depan. Resolusi tersebut membutuhkan sarana untuk dapat diraih. Dan tentu saja investasi menjadi salah satu sarana terbaik untuk memenuhi resolusimu. 

Selain menjaga nilai aset dari inflasi, investasi dapat memberikan banyak manfaat buat masa depan. Semakin dini berinvestasi, semakin besar kesempatanmu  untuk mewujudkan impian-impian besarnya. 

Masih bingung mau pilih investasi apa? Beberapa instrumen investasi di pasar modal bisa dipertimbangkan. Tapi dengan catatan, kamu mesti punya bekal pengetahuan tentang seluk beluk pasar modal. Yuk, kenalan lebih dekat! 

Mengenal Pasar Modal

Pasar modal sama seperti pasar biasa yang menjadi tempat kegiatan jual-beli. Pembedanya adalah komoditas yang diperjualbelikan, yakni efek surat berharga, yang terdiri dari saham, obligasi, reksa dana dan lainnya. 

Imbal hasil (return) yang diperoleh dari berinvestasi di pasar modal relatif lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya, sehingga mampu menyaingi tingkat inflasi. Pasar modal bisa menjadi salah satu alternatif investasi karena aman, mudah, likuid, dan sangat terjangkau, bahkan lebih terjangkau dari harga segelas es kopi susu. 

Sebelum mulai berinvestasi di pasar modal, kamu harus memahami empat hal di bawah ini:

  • Dana yang diinvestasikan di pasar modal adalah “dana lebih”, bukan dana untuk keperluan sehari-hari, serta bukan dana yang digunakan sebagai dana cadangan atau dana keperluan darurat.
  • Tujuan investasi. Tentukan apa tujuan dalam berinvestasi di pasar modal, dan buatlah skala prioritas.
  • Tingkat toleransi terhadap risiko. Seberapa besar Anda sebagai investor bersedia menerima risiko kerugian dalam mencapai tujuan berinvestasi? Tingkat toleransi tersebut biasanya ditentukan oleh karakter individu investor, umur, pekerjaan, kesehatan, kekayaan dan lainnya.
  • Jangka waktu investasi. Berapa lama investor bersedia menanamkan dananya di pasar modal? 

Pilihlah instrumen investasi pasar modal yang paling sesuai dengan strategi investasi dan profil risikomu. Sekarang, mari mengenal lebih dalam produk-produk pasar modal.

 

Produk Mandiri Sekuritas

mandiri sekuritas

Investasi Saham

Saham adalah bukti kepemilikan suatu individu/badan usaha pada perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat dan ditransaksikan di bursa efek. Kalau kamu membeli/memiliki saham dari suatu perusahaan, maka kamu turut serta memiliki perusahaan tersebut dan juga memiliki hak pada kekayaan maupun penghasilannya. Sebagai pemilik (investor), kamu berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan memiliki hak suara yang turut menentukan kebijakan perusahaan serta menerima bagian dari keuntungan yang dibagikan pada pemegang saham (dividen). Di pasar modal Indonesia, sesuai dengan kebijakan Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi jual dan beli saham dilakukan dalam satuan lot. Satu lot berisi 100 lembar saham.

Tabel Investasi saham

Investasi Reksa Dana

Secara umum, reksa dana dapat diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk dikelola dan diinvestasikan oleh Manajer Investasi dalam berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito dan lain-lain. 

Manajer Investasi adalah pihak yang dipercaya untuk mengelola dana investasi tersebut. Manajer Investasi berbentuk badan hukum dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta berlisensi. 

tabel investasi reksadana

Investasi Obligasi

Obligasi atau surat utang adalah sebuah surat perjanjian jangka menengah-panjang yang dapat dipindahtangankan. Obligasi berisi kewajiban bagi pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga (kupon) pada periode tertentu secara berkala dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan (saat jatuh tempo) kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Jenis obligasi yang diperdagangkan di Indonesia antara lain, Fixed Rate (FR) dengan tingkat suku bunga tetap, Variable Rate (VR) dengan tingkat suku bunga floating, dan Zero Coupon Bonds (ZC), yaitu dengan tanpa suku bunga dan diperdagangkan secara diskonto. Adapun obligasi dapat diterbitkan oleh Negara (Surat Utang Negara (SUN), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Sukuk Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST) maupun diterbitkan oleh perusahaan (Obligasi Korporasi).

tabel investasi obligasi

Belajar Pasar Modal Dari Pakarnya

Mau lebih mendalam mengenal investasi pasar modal?  Kamu bisa jadi investor cerdas dengan belajar investasi saham langsung dari pakarnya di Sekolah Pasar Modal, lho.

Caranya? Langsung aja klik: Daftar Training Di Sini

banner