INSPIRASI

5 Atlet Indonesia yang Berhasil Mendunia

Syarif Maulana
24-Mar-2020

Banyaknya penduduk serta bonus demografi menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Dengan demikian, banyak usia muda atau usia produktif yang berkembang. Tak terkecuali di bidang olahraga.Indonesia telah berhasil mengirimkan sederet nama atlet muda yang mengharumkan nama bangsa.

Para atlet ini siap untuk mengemban tugas berat mewakili Garuda dalam setiap ajang internasional. Negara kita juga pernah mendapatkan julukan sebagai macan Asia oleh dunia dengan banyaknya prestasi pemuda-pemudi Indonesia yang mendunia di bidang olahraga. Siapa saja pemuda pemudi Indonesia yang berprestasi di bidang olahraga? Berikut ulasannya.

Aries Susanti Rahayu

-sAries Susanti

sumber: instagram.com/aries_susanti

Nama perempuan berhijab ini banyak dibicarakan sejak 2018 lalu. Aries mulai terkenal sejak mengalahkan Elena Timofeeva dalam kejuaraan panjat tebing tingkat dunia IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China. Tak lama berselang dia juga berhasil menggondol medali emas dalam pada Asian Games 2018.

Wanita kelahiran Grobogan, Jawa Tengah ini pada tahun lalu meraih medali emas di kompetisi IFSC World Cup Xiamen 2019. Namun, tidak hanya itu, Aries juga berhasil memecahkan rekor dunia sebagai wanita pertama dengan catatan waktu kurang dari 7 detik dalam kejuaraan panjat tebing untuk kategori speed.

Lalu Muhammad Zohri

Namanya cukup fenomenal di Indonesia. Zohri, pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini tercatat sebagai pelari berprestasi. Dia telah berpartisipasi dalam berbagai kompetisi tingkat dunia, misalnya IIAF World U20 Championships pada 2018 yang lalu.

Zohri juga berhasil menempati finis ketiga pada Mei tahun lalu di Seiko Golden Grand Prix 2019 di Osaka, Jepang, yang membuatnya lolos untuk ikut dalam olimpiade Tokyo yang rencananya digelar pada tahun ini.

Dia adalah pelari muda 100 meter yang berhasil meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior 2018 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Dia berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik, dan mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Aero Sutan Aswar

Aero sutan aswar

sumber: instagram.com/aeroaswar

Pemuda kelahiran Jakarta, 4 Desember 1994 ini adalah seorang atlet jetski internasional. Dia berhasil meraih gelar juara dunia di kelas Pro Runabout Stock pada ajang kompetisi jetski internasional World Finals yang digelar pada tanggal 12 Oktober 2014 di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat.

Selain pada ajang Asian Games 2018, salah satu prestasi Aero yang membanggakan adalah gelar juara dunia yang sudah diperolehnya sebanyak dua kali, yaitu pada 2014 dan 2019.

Kevin Sanjaya

Kevin sanjaya

sumber: instagram.com/kevin_sanjaya

Lahir di Banyuwangi, 2 Agustus 1995, Kevin kemudian menjadi pemain asal klub Djarum di Kudus, Jawa Tengah dan bergabung sejak tahun 2007. Bersama dengan rekan-rekan pemain beregu putra lainnya dia berhasil menyumbangkan medali emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2015. Kevin saat ini dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon.

Pada 2017, Kevin bersama Gideon mendapatkan penghargaan dari BWF sebagai pemain badminton terbaik di seluruh dunia. Kevin Sanjaya Sukamuljo terkenal dengan permainan yang cepat, agresif, full attack, dan memiliki serangan yang sangat sadis terhadap lawannya.

Anto Ingdrianto

Namanya memang tak seperti 4 nama di atas yang sangat terkenal. Namun pria berusia 25 tahun ini cukup sering mengharumkan nama bangsa, terutama di cabang freestyler BMX. Anto pernah tercatat sebagai peringkat 9 Asia IOXC pada 2015 dan naik lagi menjadi peringkat 6 pada 2018.

Pada 2018, dia berhasil menjadi juara 1 Best Trick Box Open Pro di Malaysia. Tak hanya itu, pria asal Kuningan, Jawa Barat ini juga menempati posisi keenam di Asia IOXC, kejuaraan BMX terbesar di Benua Asia.

Nah, itulah 5 atlet Indonesia yang sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia di level internasional.

sumber foto header: (Photo by Jewel SAMAD / AFP)