HEALTHY LIFE

5 Buah yang Bermanfaat untuk Mencegah Kanker

Syarif Maulana
21-Oct-2020

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti banyak orang karena penyakit ini juga menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Kanker terjadi karena adanya pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pada umumnya kanker tidak disertai gejala awal sehingga tidak terdeteksi sejak dini oleh penderitanya dan diobati setelah kanker tersebut ada pada stadium lanjut. Namun, dengan menerapkan gaya hidup sehat termasuk konsumsi jenis makanan tertentu  dapat mencegah munculnya kanker pada tubuh. Berikut ini beberapa buah yang dipercaya ampuh dapat mencegah kanker antara lain :

Berbagai Jenis Berry

Beberapa buah yang kaya akan antioksidan ada pada jenis berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung zat untuk mencegah kanker. Buah-buah tersebut dikenal juga sebagai superfood dengan kandungan vitamin c dan antioksidan tinggi yang bisa membantu melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga dapat menghindari pertumbuhan sel kanker

Kurma

Jika kamu mengonsumsi kurma hanya di bulan Ramadhan saja, cobalah untuk makan buah yang satu ini lebih sering. Kurma juga dipercaya dapat melawan kanker karena kandungan vitamin A seperti karoten dan lutein bisa melawan penyakit kanker.

Kurma juga merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di mana di dalamnya mengandung Flavonoids, catechol, dan hydroxyl yang dapat menangkal radikal bebas.

Alpukat

Alpukat di dalamnya kaya akan glutathione yaitu zat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas sehingga bisa menghalangi proses penyerapan lemak. Selain itu kandungan potasium pada alpukat yang tinggi. asam folat, vitamin C dan vitamin E dapat membantu menghilangkan risiko penyakit kanker. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat juga dapat menurunkan LDL yang seringkali menjadi penyebab kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Buah Jeruk

Konsumsi rutin buah jeruk bisa menurunkan beberapa risiko penyakit kanker seperti kanker pada pencernaan, kanker mulut, kanker laring, dan kanker faring. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu melawan zat radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Jeruk juga memiliki zat flavonoid yang dapat menurunkan risiko kanker. Rasanya yang enak dan segar sayang sekali kalau kamu melewatkan buah yang satu ini apalagi aromanya yang khas.

Apel

Banyak orang memilih apel sebagai camilan sehat. Dibalik rasanya yang enak dan manis ternyata apel yang dikonsumsi setiap hari dapat mencegah kanker karena kandungan senyawa kimia phytochemical didalamnya yang mengandung anti radang, antiproliferatif dan antikanker bisa melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker yang biasa terjadi pada paru, , pencernaan, usus sampai ke payudara. Kandungan antioksidan pada apel paling baik jika konsumsi buah tersebut bersama dengan kulitnya. 

Selain konsumsi buah-buahan di atas yang paling penting adalah menjaga pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup serta rutin mengecek kesehatan diri pada dokter apalagi bagi mereka yang mempunyai keturunan penyakit kanker pada keluarganya.

Artikel Terkait