INVESTASI

5 Cara Investasi Reksa Dana yang Mudah dan Menguntungkan

Syarif Maulana
08-Oct-2021

Sebagian orang ingin melakukan investasi, tetapi tidak tahu instrumen investasi mana yang tepat. Kamu bisa memilih reksa dana jika ingin memulai berinvestasi. Pasalanya, reksa dana memiliki risiko yang kecil dan tidak membutuhkan modal besar. Walaupun sudah menjadi produk investasi dengan risiko kecil, sebagian orang masih tidak mengetahui apa itu investasi reksa dana.

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) Reksa Dana merupakan wadah yang digunakan untuk mengumpulkan uang dari para investor yang selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portofolio Efek Oleh Manajer Investasi. Lebih lanjut, reksa dana sudah diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK) yang tentu pasti aman. 

Nah, sudah paham kan tentang apa itu investasi reksa dana. Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi reksa dana, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar investasi kamu berjalan lancar. Beberapa cara investasi reksa dana yang mudah dan menguntungkan yakni antara lain sebagai berikut:

Memilih Platform Reksa Dana

Cara investasi reksa dana pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih platform reksa dana. terdapat berbagai jenis platform reksa dana mulai dari reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pasar uang, reksa dana pasar tetap hingga reksa dana online. Sebaiknya, kamu memilih reksa dana online karena mudah digunakan serta memiliki dana minimal yang sedikit.

Setelah memilih reksa dana online, kamu bisa memilih reksa dana dari berbagai manajer investasi. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki banyak variasi pilihan. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Tentukan Tujuan Investasi

Salah satu cara investasi reksa dana berikutnya adalah dengan menunjukan tujuan investasi. Dengan memiliki tujuan investasi, kamu akan termotivasi untuk menjalankan investasi kamu sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan dan profil risiko yang ada. Tujuan investasi juga akan menjadi pertimbangan kamu dalam memilih produk investasi reksa dana.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mengganti mobil lama kamu dengan mobil baru, kamu butuh menyiapkan uang sebesar Rp30 jutaan. Nah, kamu dapat melihat reksa dana mana yang cocok untuk mewujudkan tujuan investasi dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut.

Kenali Risiko Profil

Cara investasi reksa dana selanjutnya yakni dengan cara mengenali risiko profil yang ada. Pasalanya, setiap jenis investasi memiliki risiko-risiko yang berbeda-beda tergantung dari jenis profil yang ada. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu memahami profil risiko diri sendiri terlebih dahulu. Profil risiko atau yang dikenal dengan toleransi risiko adalah kemampuan investor untuk menerima kehilangan sebagian atau seluruh pokok investasi untuk meraih hasil yang lebih besar.

Tentukan Jangka Waktu Investasi

Selain 3 cara di atas, cara investasi reksa dana yang harus kamu lakukan yakni menentukan jangka waktu kamu berinvestasi. Terdapat banyak jenis investasi reksa dana membuat jangka waktunya pun berbeda-beda mulai dari kurang dari setahun, 1 sampai 3 tahun, 3 sampai 5 tahun hingga lebih dari 5 tahun. Jika kamu ingin memiliki investasi reksa dana kurang dari setahun, kamu bisa memilih reksa dana pasar uang.

Selanjutnya, jika ingin memilih jangka waktu 1-3 tahun, kamu dapat memilih reksa dana pendapatan tetap. Untuk kamu yang ingin memilih jangka waktu-3-5 tahun kamu bisa memilih reksa dana campuran. Nah, untuk kamu yang memilih reksa dana dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa memilih reksa dana saham.

Monitoring

Cara Investasi yang terakhir yakni dengan cara monitoring. Setelah kamu memilih jenis reksa dana dan berapa jangka waktu menggunakan reksa dana tersebut, sebaiknya kamu melakukan pengecekan reksa dana atau yang lebih umum disebut dengan nama monitoring. Monitoring sangat penting untuk melihat perkembangan kinerja reksa dana secara akurat dan efektif. Dengan melakukan monitoring, kamu jadi akan paham berapa nilai investasi reksa dana kamu, berapa potensi kerugian serta keuntungan dari reksa dana kamu tersebut.

Itulah 5 cara investasi reksa dana yang mudah dan menguntungkan. Pilihlah investasi reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kamu, ya!