FINANSIAL

5 Cara Simpan Uang Receh Buat Nambah Saldo Tabungan

Syarif Maulana
26-Nov-2020

Sebagian besar masyarakat berpikir bahwa uang receh merupakan uang yang tidak penting. Mulai dari Rp100, Rp200, Rp500, Rp1.000 dalam bentuk koin hingga Rp1.000 sampai Rp5.000 tidak dihiraukan oleh sebagian besar masyarakat karena nilainya yang kecil. Padahal uang receh juga bisa bermanfaat jika kamu mengumpulkannya dengan benar.

Jangan sepelekan atau dibiarkan begitu saja uang receh yang biasa kamu dapatkan dari kembalian transaksi. Dengan rajin mengumpulkan, pelan tapi pasti uang yang terkumpul pun nilainya cukup lumayan sehingga bisa menambah saldo tabunganmu di bank atau malah bisa juga diinvestasikan. Tertarik? Tips berikut bisa kamu coba

Tentukan Celengan atau Wadah yang Sesuai 

Salah satu cara menyimpan uang receh dengan tepat adalah dengan menentukan celengan atau wadah yang sesuai. Ketika kamu memang  sudah ada niat untuk mengumpulkan pundi-pundi dari uang receh, hal pertama yang perlu lakukan menyiapkan celengan atau tempat simpanan pundi-pundi uang.  Pilih wadah yang berukuran agak besar dan sesuaikan dengan perkiraan periode mengumpulkan uang pecahan tersebut.  

Saat ini banyak celengan atau wadah yang lebih modern untuk menyimpan uang receh, nah agar lebih menarik untuk menabung kamu bisa memilih celengan karakter animasi favorit kamu.

Bedakan Pecahan Uang Receh

Setelah menentukan jenis atau wadah celengan yang digunakan, kamu bisa membedakan wadah celengan. Pertama-tama, kamu bisa bedakan wadah celengan untuk recehan. Misal kamu bedan yang koin seribuan, lima ratusan. Khusus untuk uang seratus dan dua ratusan, kumpulkan koin tersebut sampai mencapai seribuan sebelum dimasukkan  ke celengan. Dengan cara  ini nanti saat sudah terkumpul dalam waktu tertentu akan memudahkan saat menghitungnya. 

Jangan Sepelekan Uang Kembalian 

Transaksi di beberapa toko kadang ada yang menawarkan kembalian berupa permen atau membulatkannya menjadi nominal tertentu. Sebagai pembeli, kamu bisa menolaknya dan tetap meminta hak uang kembalian meski itu hanya uang koin. Dari koin recehan uang kembalian itu kamu bisa lebih banyak menabung untuk keperluan lain. 

Tetapkan Waktu Mengumpulkan 

Salah satu tips menyimpan uang receh lainnya adalah dengan menetapkan waktu pengumpulan uang receh. Daripada cuma dikumpulkan, lalu tiba-tiba diambil saat ada keperluan, kamu bisa pertimbangkan untuk benar-benar menyimpannya selama beberapa waktu tertentu, Misal disimpan selama tiga bulan, lalu baru bisa diambil untuk ditabung atau keperluan lainnya. 

Biar tidak lupa, buat tempelan dengan mencatat tanggal awal  mulai menabung uang koin dan kapan waktu membukanya.

Rencanakan Tujuan Tabungan Koin

Biar  makin termotivasi saat mengumpulkan koin, sebelumnya kamu buat dulu tujuan dari pengumpulan koin tersebut. Mulai saja dari keperluan yang sederhana. Misal untuk beli sepatu,  dompet, atau koleksi fashion. Selanjutnya, kamu bisa rencanakan beli tiket liburan dengan cara menabung dari uang receh. 

Jadi mulai sekarang, gak ada lagi istilah kamu menyepelekan uang-uang koin atau kertas dengan nominal kecil. Dari uang receh yang disimpan dalam periode tertentu, ada banyak hal yang bisa kamu wujudkan. Tentunya dengan catatan harus disiplin dan gak boleh setengah-setengah saat mengumpulnya. 

Artikel Terkait