PROPERTI

5 Jurus Ampuh Menabung untuk Membeli Rumah Idaman untuk Para Karyawan

Syarif Maulana
26-Mar-2021

Sudah bekerja beberapa tahun tentu kamu ingin memiliki tujuan keuangan yang lebih baik, tidak hanya menghabiskan uang untuk tujuan konsumtif, biasanya para karyawan juga ingin memiliki rumah yang bisa dijadikan tempat tinggal dan aset. Sayangnya, keinginan untuk membeli rumah tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, perlu perencanaan keuangan yang matang dan kamu harus keluar dari kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan.

Pasalnya, masih banyak orang yang terjebak dalam gaya hidup konsumtif dan tidak dapat keluar dari kebiasaan buruk tersebut. Namun, kalau kamu ingin membeli rumah dengan sungguh-sungguh kamu harus bisa mengatur gaji dengan tepat dan menyisihkannya untuk menabung beli rumah. Lantas, apa yang perlu dilakukan agar karyawan bisa menabung untuk membeli rumah? Cek ulasan lengkapnya sebagai berikut:

Memiliki Tujuan yang Jelas

Jika kamu bekerja sebagai karyawan dan menerima gaji bulanan yang bisa diukur, kamu harus bisa menetapkan tujuan keuangan yang jelas. Jika kamu ingin menabung untuk membeli rumah, maka kamu harus tentukan tujuannya dengan jelas. Rumah seperti apa, lokasinya di mana, dan perkiraan harganya berapa.

Dengan memiliki tujuan menabung yang jelas, kamu akan bisa menabung lebih fokus dan terarah karena barang yang akan dibeli sudah terlihat jelas dan bisa diukur. Tujuan menabung yang jelas juga akan membuat kamu lebih komitmen dalam menabung.

Tentukan Jumlah yang Tepat

Jika kamu ingin menabung untuk beli rumah, kamu harus tentukan secara tepat berapa jumlah uang yang dikumpulkan dalam tabungan. Sebagai contoh kamu adalah seorang karyawan yang ingin membeli rumah secara KPR, kamu harus tahu harga rumahnya berapa dan perlu menabung untuk DP rumah sejumlah berapa. Walaupun harga rumah selalu berubah-ubah, cuma kamu pasti sudah memiliki gambaran, kira-kira  berapa harga rumah tersebut.

Setelah mengetahui harga rumah kamu jadi bisa tahu berapa lama jumlah uang tabungan yang harus kamu gapai dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi tabungan tersebut. Sebagai contoh, Reza ingin membeli rumah seharga Rp300 juta, maka ia perlu mengumpulkan DP rumah sebesar 30 persen dari Rp300 juta yakni Rp90 juta.

Jika Reza mampu menabung sebesar Rp3 juta sebulan, maka dalam setahun kamu bisa mengumpulkan uang sebesar Rp36 juta. Dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun, Reza sudah bisa mengumpulkan DP rumah. Kira-kira gambarannya seperti itu. 

Lunasi Semua Utang

Nah, ketika kamu sudah berkomitmen untuk membeli rumah, ada baiknya jika kamu melunasi utang yang ada. Alasannya, agar kamu tidak lagi mempunyai beban utang atau cicilan. Kegiatan menabung untuk membeli rumah akan lebih mudah dijalankan karena kamu bisa fokus untuk mengalokasikan uang untuk tabungan membeli rumah. 

Terlebih, kamu akan jadi mudah stres ketika menabung rumah sambil harus membayar beberapa cicilan sekaligus. Sebagai contoh, kamu menabung beli rumah padahal memiliki cicilan mobil, hal ini tentu akan memberatkanmu karena dana yang dialokasikan tidak sedikit.

Pastikan kamu fokus untuk menyelesaikan satu tujuan keuangan sebelum memulai untuk mewujudkan tujuan keuangan yang lain.

Menabung Emas

Siapa bilang tabungan hanya dalam bentuk uang tunai saja, saat ini kamu bisa mulai menabung emas, lho. Kegiatan menabung emas bisa dilakukan jika kamu ingin menabung dalam jangka waktu panjang, karena harga emas cenderung meningkat dalam waktu beberapa tahun. Emas merupakan bentuk tabungan atau inflasi yang tidak terpengaruh harga inflasi karena nilainya cenderung stabil.

Kegiatan menabung emas memang bisa dijadikan pilihan agar uang tabungan yang kamu miliki nilainya tidak tergerus dengan inflasi. Terlebih, sudah banyak pegadaian atau e-commerce yang sudah terdaftar OJK yang menawarkan layanan menabung emas. Pastikan kamu mempelajari keuntungan dan risiko menabung emas untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kencangkan Budget Pengeluaran

Jika ingin tujuan keuangan cepat berhasil, kamu harus menambah penghasilan atau mengurangi pengeluaran yang kamu miliki setiap bulan. Tanpa disadari kamu akan mengeluarkan uang tanpa kamu sadari, oleh karena itu kamu harus pintar-pintar dalam mengelola pengeluaran. 

Hilangkan beberapa kebutuhan yang tidak bersifat primer agar keuangan kamu bisa lebih ramping. Sisa uangnya kan bisa kamu alokasikan ke dalam tabungan membeli rumah.

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan sebagai karyawan untuk bisa menabung dan mewujudkan keinginan membeli rumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu, ya.