FINANSIAL

5 Manfaat Memiliki Rencana Keuangan yang Bisa Kamu Rasakan

Syarif Maulana
25-Dec-2020

Setiap orang punya mimpi dan kebebasan finansial di masa depan, baik dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang. Bekerja untuk mendapatkan penghasilan saja tidaklah cukup jika tidak diikuti dengan perencanaan keuangan yang baik demi mencapai tujuan tersebut.

Dengan membuat perencanaan keuangan, kamu dapat meningkatkan kualitas hidup kamu. Berikut ini beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan perencanaan keuangan antara lain:

Hidup Lebih Hemat

Manfaat rencana keuangan yang pertama adalah kamu dapat hidup lebih hemat. Dengan membuat perencanaan keuangan yang baik dapat membuatmu bisa hidup lebih teratur dan disiplin seperti menghentikan kebiasaan belanja hal yang tidak terlalu penting dan tidak dibutuhkan. Dengan demikian kamu pun bisa hidup lebih hemat dan tahu prioritas hidup yang lebih penting. Jika tabungan dianggarkan di awal maka dapat membantumu hidup lebih hemat karena harus bisa menggunakan sisa uang yang ada untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Mempunyai Simpanan Lebih

manfaat rencana keuangan berikutnya adalah kamu dapat mempunyai simpanan lebih. Setelah hidup hemat, otomatis kamu mempunyai simpanan lebih yang dapat ditabung dan digunakan untuk investasi sebagai modal masa depan. Tentunya, hidupmu juga akan lebih tenang lagi jika mempunyai dana darurat yang diperoleh dari penghasilan yang dikumpulkan.

Hidup Lebih Tenang

Nah, manfaat rencana rencana keuangan berikutnya adalah memberikan ketenangan di hidup kamu.  Dengan mengelola keuangan yang baik, kamu pun dapat hidup lebih tenang. Tidak ada lagi yang namanya tanggung bulan dan harus mencari pinjaman di akhir bulan untuk mencukupi kebutuhan hidupmu apalagi jika memiliki cicilan hutang yang harus dilunasi.

Membantu Mewujudkan Impian

Selain 3 manfaat rencana keuangan di atas, manfaat rencana keuangan berikutnya adalah dapat membantu kamu untuk mewujudkan impian atau target finansial kamu. Setelah melakukan perencanaan yang baik, tiba saatnya memetik hasil yang maksimal dan kamu pun dapat mewujudkan impian yang sudah direncanakan sebelumnya.

Apapun yang direncanakan dengan baik akan menghasilkan pencapaian yang maksimal termasuk keuangan keluarga. Perencanaan yang kurang matang akan berdampak negatif terhadap keuanganmu, bisa jadi uangmu akan habis sebelum waktunya pemasukan atau gajian tiba.

Melindungi Keluarga

Bagi kamu yang sudah berkeluarga salah satu tujuan utama membuat perencanaan keuangan adalah untuk melindungi mereka dan mencukupi segala kebutuhannya seperti biaya sekolah dan lain-lain.

Biaya sekolah anak jaman sekarang itu menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar, untuk itu perlu perlindungan sejak dini dengan menganggarkan dana sekolah anak-anak baik melalui tabungan maupun asuransi pendidikan yang dapat diambil pada waktu yang telah ditentukan.

Mempunyai keuangan yang terencana juga dapat membantumu menyiapkan anggaran di masa datang dan bisa mengurangi risiko untuk berhutang demi memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga kamu tidak akan mengalami besar pasak dari pada tiang. Selain melakukan perencanaan keuangan yang baik, kamu pun perlu senantiasa bersyukur dan hidup bahagia dengan apa yang dimiliki saat ini.

Jika keuanganmu masih terasa kurang hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki arus kas dengan memaksimalkan sumber pendapatan. Cara paling mudah adalah dengan membuat pos-pos pengeluaran rutin setiap bulannya untuk dipatuhi. Langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkan pendapatan dengan cara mencari pekerjaan tambahan, kalau hal ini sulit dilakukan kamu dapat memulainya dengan hidup hemat.

Jika diperlukan kamu dapat meminta bantuan perencanaan keuangan atau financial planner terpercaya dan berlisensi untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan. Karena biasanya perencana keuangan ini akan bersikap objektif memberikan masukan dan keputusan yang rasional sehingga kamu dapat merealisasikan rencana keuangan dan mencapai tujuan yang diinginkan.