FINANSIAL

6 Tips Hemat Belanja saat Bulan Ramadan

Syarif Maulana
14-Apr-2021

Memasuki bulan suci Ramadan senantiasa menjadi kegembiraan yang luar biasa bagi umat muslim. Tahun 2021 ini bulan Ramadan akan jatuh pada pertengahan bulan April 2021. Fenomena keseharian aktivitas di bulan Ramadan memang tidak dapat terbantahkan. Mulai dari sahur di waktu petang, berbuka puasa bersama, tarawih, sampai itikaf atau berdiam diri di masjid. Hal-hal seperti ini yang jarang kita rasakan di hari-hari biasa. 

Saat bulan Ramadan terkadang pengeluaran kamu tidak terkontrol. Padahal seharusnya pengeluaran kamu utuh karena alokasi untuk uang jajan akan berkurang. Lalu bagaimana tips hemat saat bulan Ramadan? Yuk, kita simak rinciannya.

Berbelanja Kebutuhan untuk Satu Bulan

Mempersiapkan kebutuhan untuk satu bulan dirasa perlu untuk mengakali pengeluaran pada saat bulan Ramadan. Kebutuhan yang bisa kamu persiapkan seperti makanan untuk menu sahur dan berbuka. Kalau dirasa sulit menentukan kebutuhan untuk satu bulan, kamu bisa merangkumnya setiap satu minggu sekali. Tentukan menu apa saja yang akan dimasak, lalu beli kebutuhan mentahnya saat belanja mingguan atau bulanan. 

Manfaatkan Promo dan Diskon

Saat memasuki bulan Ramadan biasanya harga barang kebutuhan di pasaran naik drastis, apalagi di pasar tradisional. Sayur mayur, bahan-bahan pokok, rempah-rempah dan cabe biasanya melonjak. Apalagi kalau saat berbelanja tidak mempersiapkan daftar belanja, pasti pengeluaran kamu akan membengkak. 

Namun jangan khawatir, hal-hal seperti ini dapat kamu akali dengan memilih berbelanja di supermarket. Di supermarket biasanya banyak menawarkan promo dan diskon yang menarik menjelang bulan Ramadan. 

Memasak dan Membuat Menu Berbuka dan Sahur Sendiri

Merencanakan menu makanan sahur dan berbuka selama satu bulan sangat mempermudah kamu menentukan menu harian lho. Beli stok makanan pokok pada awal bulan, dan buat masakan kamu sendiri. Selain lebih sehat karena tahu takaran apa yang dimasukan ke dalam makanan, kamu juga otomatis akan menghemat pengeluaran bulanan kamu. Manfaat lainnya, kamu bisa lebih kreatif dalam merencanakan menu harian. 

Hindari Jajan Berlebihan

Menahan makan di siang hari kadang membuat kamu jajan berlebihan saat waktu berbuka. Saking kalapnya kadang setiap makanan terlihat lebih menggoda dan ujung-ujungnya dibeli untuk jadi santapan. Hal-hal kecil seperti ini justru yang membuat jajan kamu berlebihan dan pengeluaran bulanan kamu membengkak. Makan dan berbuka seperlunya, jangan berlebihan saat membeli makanan untuk berbuka maupun sahur agar tidak boros terlebih agar makanan kamu tidak mubazir. 

Beli Baju Lebaran Seperlunya

Pakaian lebaran biasanya akan disiapkan saat akan berakhirnya bulan Ramadan. Saat satu minggu terakhir menjelang lebaran, pusat perbelanjaan akan ramai dikunjungi para konsumen. Lebaran identik dengan baju baru. Padahal esensi dari lebaran itu sendiri adalah sebagai hari kemenangan telah menyelesaikan puasa sebulan penuh. Boleh saja kamu merayakan lebaran dengan baju dan barang-barang yang serba baru. Tapi ingat, batasi membeli baju apabila itu tidak perlu agar bisa menghemat pengeluaran.

Merencanakan Keuangan bulan Ramadan 

Untuk menutup serangkaian tips hemat di bulan Ramadan ini, tips terakhir kamu bisa merencanakan pengeluaran apa saja yang harus kamu keluarkan jauh-jauh hari sebelum Ramadan tiba. Alokasikan uang bulanan kamu ke dalam semua keperluan yang dibutuhkan. Misal untuk kebutuhan pokok, uang jajan harian, transportasi mudik, sampai baju lebaran. Dengan cara ini, kamu bisa mengontrol uang  pengeluaran selama bulan Ramadan.

Itulah beberapa tips hemat belanja saat bulan Ramadan yang bisa kamu gunakan tipsnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin lebih hemat saat belanja bulan Ramadan.