FINANSIAL

Apa Benar Karyawan Lebih Mudah Mengambil KTA Daripada Pengusaha?

Syarif Maulana
09-Sep-2021

Sekarang kamu bisa mengajukan cicilan tanpa jaminan dengan Kredit Tanpa Agunan atau KTA, lho. Tetapi tidak semua orang bisa mengajukan KTA dengan mudah, katanya karyawan lebih mudah mengajukan KTA jika dibandingkan dengan pengusaha. Apa benar begitu?

Sebenarnya pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena pengusaha juga masih bisa mengajukan KTA di bank. Kredit Tanpa Agunan (KTA) memang menjadi primadona bagi kamu yang membutuhkan dana dalam keadaan mendesak dan tidak bisa atau enggan menyediakan agunan atau jaminan. Kebutuhan mendesak itu bisa berarti apapun, mulai dari biaya renovasi rumah sampai kebutuhan untuk kesehatan.

Sayangnya, bukan rahasia lagi bahwa bank atau lembaga keuangan lebih memilih karyawan tetap sebagai calon nasabah terbaik. Alasannya adalah karena karyawan memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Lalu, apakah pengusaha tidak dapat mengajukan KTA? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

KTA untuk Pengusaha Vs Karyawan

Nah, memang bukan rahasia lagi seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, para karyawan apalagi karyawan tetap akan lebih mudah untuk mengajukan KTA karena memiliki pendapatan tetap setiap bulan dan memiliki pendapatan yang meningkat setiap tahun karena adanya inflasi. Oleh karena itu, karyawan tetap menjadi “anak emas” bagi pihak bank ketika mengajukan permohonan KTA.

Di sisi lain, pengusaha atau wiraswasta memiliki pendapatan yang dinamis tergantung terhadap kinerja bisnis. Dalam satu bulan, keuntungan mereka mungkin bisa melebihi gaji karyawan, tetapi di masa-masa tertentu pengusaha juga bisa merugi dan tidak dapat membayar cicilan KTA. Hal in tentu sangat dihindari pihak bank.

Perlu diingat KTA merupakan Kredit Tanpa Agunan, jadi pihak bank tidak memiliki jaminan dalam bentuk aset apapun dari peminjam untuk dijadikan jaminan bahwa kredit akan dilunasi.

Itulah sebabnya bunga KTA biasanya lebih tinggi jika dibandingkan kredit lain yang memberikan jaminan atau kredit multiguna. Sejumlah bank pun juga menawarkan bunga yang beragam dengan bunga buat pengusaha lebih besar dibandingkan bunga untuk karyawan.

Kredit Ramah untuk Pengusaha

Lalu apa kredit yang cocok untuk pengusaha? Kredit yang cocok untuk pengusaha adalah kredit multiguna. KTA cukup berbeda dengan kredit multiguna. Kredit ini memang bisa dipergunakan untuk kebutuhan apapun, namanya saja kredit multiguna.

Dibanding KTA, kredit multiguna lebih ramah buat pengusaha. KTA berbeda dengan kredit multiguna. Kredit jenis ini juga bisa digunakan untuk apapun, namanya saja multiguna. Namun, perbedaanya adalah kredit ini menggunakan jaminan atau agunan berupa aset. Aset itu berupa rumah, mobil, motor, emas, dan aset berharga lainnya.

Kamu hanya perlu memberikan sertifikat atau BPKB tanpa perlu memberikan rumah dan kendaraan secara langsung. Jika kredit kamu bermasalah, baru pihak bank akan menyita aset kamu dapat pinjaman. 

KTA vs Kredit Multiguna

KTA dan kredit multiguna tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cuma harus kamu pahami baik karyawan atau pengusaha bisa mengambil KTA atau Kredit Multiguna. Dasar pengambilan keputusannya bukan dari status karier, melainkan dari kebutuhan dana. Tetapi, limit kredit multiguna biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan KTA. Selain itu, tenor KTA lebih pendek dan bunganya lebih besar.

Salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah kredibilitas lembaga yang memberikan pinjaman. Pastikan kamu memilih bank dan lembaga keuangan terpercaya yang sudah terdaftar OJK

Nah, bagaimana apakah kamu lebih tertarik mengambil KTA atau kredit multiguna?