PROPERTI

Apa Benar Rumah Kecil Minimalis Bisa Bikin Kamu Lebih Hemat?

Syarif Maulana
08-Apr-2021

Saat ini tren rumah kecil tipe 21 dan tipe 36 sering diburu para calon pembeli. Pasalnya, harga rumah selalu meningkat setiap tahunnya, jadi agak kesulitan untuk membeli rumah besar untuk pasangan muda. Rumah kecil memang cocok untuk pasangan muda yang baru menikah dan tidak memiliki bujet dalam jumlah besar.

Di sisi lain, ada masyarakat yang merasa kalau rumah kecil itu sempit dan kurang asri. Padahal rumah kecil juga bisa ditata sedemikian rupa agar enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali. Terlebih, rumah kecil juga akan membuat para pemiliknya lebih hemat. Apa benar begitu? Langsung simak aja ulasannya:

Tidak Perlu Jasa ART

Bagi kamu yang memiliki rumah kecil, kamu tidak perlu mempekerjakan Asisten Rumah Tangga untuk membersihkan rumah kamu. Pasalnya, rumah tipe 21 dan tipe 36 biasanya tidak bertingkat atau satu lantai. Terlebih, ruangannya juga tidak banyak. Kamu bisa mengatur jadwal bersih-bersih bersama pasangan untuk rumah yang ukurannya tidak besar ini.

Sebagai contoh, kamu cuci piring dan baju, pasangan kamu yang akan menyapu dan mengepel rumah. Kerja sama rumah tangga juga akan meningkatkan ikatan antara kalian anggota keluarga.

Tidak Perlu Membeli Banyak Hiasan Rumah

Semakin besar ukuran rumah, maka semakin banyak dekorasi yang dibutuhkan. Ketika kamu memiliki rumah kecil, kamu bisa memilih hiasan yang lebih minimalis dan tidak perlu repot memikirkan hiasan yang cocok untuk dekorasi setiap ruangan.

Tidak lagi perlu hiasan dinding lukisan yang besar karena memang tidak ada tempat yang pas untuk menaruh itu.

Memilih Furnitur Minimalis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hiasan rumah juga tidak bisa dalam ukuran besar. Oleh karena itu, kamu juga harus memilih perabotan seperti furnitur dalam ukuran kecil. Semakin kecil ukuran furnitur jadi semakin murah harga furnitur tersebut.

Untuk ukuran meja dan lemari juga tidak bisa beli ukuran besar bukan karena tidak punya uang, tetapi karena memang ruangannya yang ada. Kamu jadi bisa jauh lebih hemat dengan tinggal di rumah kecil.

Hemat Tagihan Listrik dan Pajak Rumah

Nah, ini nih yang paling ditunggu-tunggu. Semakin kecil area rumahmu maka semakin hemat juga tagihan listrik dan pajak rumah yang kamu bayarkan. Dengan memiliki area rumah kecil, kamu tidak bisa membeli banyak alat elektronik, konsumsi lampu juga berkurang karena ruangannya juga lebih sedikit. Hasilnya, tagihan listrik juga semakin murah.

Begitu pula untuk pajaknya, pajak bumi dan bangunan atau PBB untuk rumah kecil akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan rumah yang lebih besar.

Mencegahmu Belanja Mulu

Dengan memiliki rumah kecil, maka kamu tidak akan tergoda untuk membeli banyak barang elektronik maupun perabotan karena memikirkan ruangan yang tidak bisa menampung banyak barang. Mau beli baju dan sepatu juga akan mikir dua kali karena ukuran lemari tidak besar jadi tidak bisa menyimpan banyak barang. Hasilnya, kamu akan jauh lebih hemat, deh.

Nah, jika ditimbang-timbang, rumah kecil memiliki lebih banyak manfaat ketimbang rumah besar yang membuat kamu jauh lebih hemat. Kecil atau besarnya rumah tetap akan membuat nyaman penghuninya jika diatur dan didesain dengan nyaman.