KARIER

Apa Itu Webinar? 5 Hal ini Perlu Kamu Ketahui Tentang Webinar

Syarif Maulana
23-Jun-2020

Dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu bisa melakukan apa saja dengan mudah, termasuk juga mengikuti seminar. Hal ini bisa dilakukan melalui webinar yang memungkinkan kamu mengikuti seminar, meskipun kamu berada dalam lokasi yang jauh sekalipun.

Melalui Webinar, kamu tetap bisa merasakan suasana mengikuti seminar secara offline. Kamu bisa berinteraksi secara langsung melalui gambar atau video dan juga text atau chat. Namun berbeda dengan mengikuti seminar secara offline, kamu tidak perlu datang ke lokasi dan tempat yang ditentukan. Melalui Webinar, kamu hanya perlu standby pada waktu yang ditentukan dan bisa mengikuti seminar tersebut selama terkoneksi dengan internet.

Adanya Webinar ini tentunya banyak memberikan manfaat bagi kamu dari segi efisiensi dan juga fleksibilitas. Kamu tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk mengikuti sebuah seminar dan juga bisa dilakukan dimana saja, selama terhubung dengan internet. Hal ini tentunya lebih menghemat waktu dan tenaga.

Namun, webinar ini merupakan hal yang baru dan belum banyak yang mengetahuinya. Oleh karena itu, sebelum nyemplung dan mengikuti pertemuan melalui webinar, ada beberapa hal tentang webinar yang harus kamu ketahui;

Webinar Bersifat Interaktif

Sebuah webinar haruslah bersifat interaktif, artinya ada interaksi antara pembicara dengan audiens. Tidak seperti pada seminar offline dimana pembicara hanya berbicara satu arah dan audiens memberikan tanggapan melalui tulisan atau ketika diberi kesempatan bertanya.

Berinteraksi melalui webinar bisa dilakukan dengan cara pembicara memberikan materi melalui video live (langsung). Lalu para pendengar akan mengutarakan pertanyaan melalui komentar atau chat yang disediakan secara on time.

Webinar Ada Tiga Jenis

Secara umum, webinar terdiri dari tiga jenis, yaitu webinar yang bertujuan untuk mendapatkan jaringan dan mempromosikan produk. Kemudian ada webinar berbayar, yang mengharuskan kamu untuk membayar untuk mengikutinya. Dalam webinar ini, hal yang dibahas hanya satu topik secara spesifik. Terakhir adalah webinar berseri atau berulang, biasanya webinar ini ditujukan untuk pelatihan yang memuat beberapa poin.

Webinar Butuh Koneksi Internet yang Kuat

Meskipun webinar memungkinkan kamu untuk mengikuti seminar tanpa hadir di tempat acara. Namun, kamu tetap harus terkoneksi dengan internet untuk mengikuti seminar. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memiliki koneksi internet yang cukup kuat.

Koneksi internet yang digunakan sebaiknya menggunakan internet broadband yang lebih stabil dan berkecepatan tinggi. Jika koneksi internet tidak stabil, maka tayangan dan komunikasi selama webinar akan berjalan tidak maksimal seperti gambar tersendat dan suara patah-patah. Selain itu, kamu juga harus memiliki perangkat audio seperti speaker, proyektor untuk mendukung kelancaran selama mengikuti seminar melalui webinar.

Webinar Bisa Menjadi Ajang Promosi Produk

Kamu juga bisa menggunakan webinar untuk menginformasikan produk baru atau kampanye terbaru yang sedang kamu jalankan. Namun, kamu tetap harus mengutamakan kualitas materi yang akan dibagikan dalam seminar. Pasalnya, seminar yang berkualitas adalah ketika seminar tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Platform untuk Melakukan Webinar

Saat ini, ada beberapa aplikasi live streaming video yang bisa kamu gunakan untuk melakukan webinar. Dalam memilih aplikasi tersebut, kamu harus menyesuaikan dengan topik, pembicara, waktu, durasi webinar, serta jumlah peserta yang kamu harapkan. Setelah itu, kamu bisa memilih salah satu dari berbagai platform seperti Youtube Live, Facebook atau Instagram Live, GoToWebinar, WebinarJam dan Webinar Ninja.

Itulah beberapa pengertian webinar yang wajib kamu ketahui. Selamat mencoba webinar, ya.