ASURANSI

Apakah Karyawan Memerlukan Asuransi Unit Link?

Syarif Maulana
06-Oct-2021

Tahukah kamu sebagai pekerja kamu sudah dilindungi oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan atau yang biasa disebut BPJS TK. Hal ini membuat setiap karyawan akan dijamin mendapatkan perlindungan dari perusahaan. Selain itu, ada juga perusahaan yang ikut memberikan asuransi karyawan untuk para karyawannya.

Nah, selain BPJS Kesehatan dan BPJS TK, apakah karyawan masih butuh asuransi lain seperti asuransi jiwa atau asuransi unit link? Biasanya para karyawan sudah percaya diri bahwa sudah cukup memiliki proteksi karena sudah memiliki asuransi dari kantor serta BPJS Kesehatan. Apa benar begitu? Simak penjelasanya terlebih dahulu:

Manfaat Pertanggungan

Ketika karyawan memiliki asuransi, yang jadi pertimbangan adalah manfaat asuransi dan uang pertanggungannya. Umumnya asuransi yang diberikan perusahaan mencakup asuransi kesehatan dan jaminan hari tua atau JHT. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan ketika kamu sakit, besaran manfaat proteksi kesehatan yang ditanggung asuransi biasanya diperhitungkan berdasarkan kondisi kesehatan pemegang polis.

Bagaimana asuransi jiwa yang diberikan perusahaan. Dalam hal ini perusahaan pasti akan memberikan asuransi kepada karyawannya dalam bentuk BPJS TK dan BPJS Kesehatan. Kamu harus memperhitungkan apakah polis kesehatan dan uang pertanggungan yang dijanjikan BPJS sudah cukup untuk menutupi kebutuhan kamu?

Biasanya asuransi yang diberikan perusahaan merupakan asuransi karyawan atau Employee Benefit. Dalam jenis asuransi ini, perusahaan akan menentukan besaran uang pertanggungan dan manfaat proteksi atas dasar jabatan setiap karyawan. Jadi setiap karyawan akan memiliki besaran manfaat dan uang pertanggungan yang berbeda-beda.

Hal ini tentu belum tentu bisa memenuhi kebutuhan kamu.

Masa Kerja

Selanjutnya, yang harus kamu pertimbangkan adalah masa kerja kamu di sebuah perusahaan. Ada kalanya kamu ingin pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Lantas, jika kamu pindah bagaimana asuransi yang kamu miliki ? Apakah asuransi tersebut bisa dilanjutkan? Jawabannya adalah tidak karena perusahaan tidak akan membayar atau melanjutkan asuransi jika kamu sudah tidak berstatus karyawan lagi.

Tentu tidak ada perusahaan yang mau menanggung beban biaya yang gak memberikan keuntungan apapun karena kamu sudah tidak menjadi bagian dalam perusahaan. Ketika kamu sakit parah terlalu lama, perusahaan juga tidak akan membayar gaji dan asuransi kamu jika memang tidak tertera di dalam perusahaan.

Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan menggunakan asuransi pribadi karena jika tidak memiliki asuransi, kamu harus membayar pengobatan yang tidak murah. Tanpa asuransi pribadi, kamu akan kebingungan dalam mengatasi kondisi yang mengeluarkan uang banyak seperti sedang sakit parah. Oleh karena itu, memiliki asuransi unit link bisa jadi pertimbangan bagi kamu.

Pertimbangan Asuransi Unit Link

Asuransi pribadi bisa menjadi pertimbangan untuk memberikan proteksi lebih untuk kamu. Ada beberapa jenis asuransi pribadi yang bisa kamu pilih mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi unit link. Asuransi unit link ini bisa menjadi pilihan karena memberikan keuntungan.

  1. Premi yang kamu bayarkan sebagian akan digunakan untuk investasi.
  2. Nilai polis yang terbentuk pada asuransi unit link kita, kamu bisa gunakan untuk membiayai beberapa manfaat pertanggungan.
  3. Setelah dikurangi biaya-biaya, nilai polis digunakan untuk berinvestasi.
  4. Setiap instrumen investasi selalu ada risikonya masing-masing. Investasi bisa meningkat dan membuat saldonya meningkat, investasi bisa dalam keadaan tetap, investasi dalam unit link juga bisa merugi. Jika investasi terus merugi, perusahaan asuransi bisa meminta dana tambahan atau top untuk dana investasi di luar pembayaran premi.
  5. Jika hasil investasi bernilai positif, maka kamu dapat gunakan untuk memenuhi tujuan keuangan. Kamu juga bisa menggunakan imbal hasil atau return asuransi unit link untuk membiayai premi asuransi berikutnya.

Pada asuransi jiwa konvensional biasanya premi yang kamu bayarkan akan hangus jika tidak ada klaim yang terjadi dalam satu tahun. Pada asuransi unit link, premi yang kamu bayarkan tidak akan hangus tetapi dapat terus diinvestasikan untuk menutupi premi asuransi selanjutnya.

Namun, bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan tinggi sebaiknya memilih instrumen investasi lain yang memang merupakan instrumen investasi murni. Namun, jika ingin memiliki asuransi dengan manfaat investasi, asuransi unit link merupakan pilihan yang tepat.