ASURANSI

Asuransi Kecelakaan dan Manfaat yang Bisa Didapatkan oleh Nasabah

Syarif Maulana
05-Oct-2021

Kamu pasti sudah sering mendengar yang namanya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, tetapi apa sudah pernah mendengar yang namanya asuransi kecelakaan kerja? Asuransi kecelakaan merupakan salah satu produk finansial yang memberikan proteksi kepada tertanggung dengan sejumlah dana ketika tertanggung mengalami kecelakaan hingga terluka dan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Perbedaan asuransi kecelakaan kerja dengan asuransi kesehatan adalah asuransi kesehatan akan memberikan jaminan kepada tertanggung meskipun kecelakaan itu tidak terjadi di tempat kerja atau saat dalam perjalanan kerja menuju ke kantor. Asuransi ini juga akan memberikan jaminan perawatan yang memang ditimbulkan akibat kecelakaan. Lalu apa saja manfaat yang akan diberikan oleh asuransi kecelakaan?

Manfaat Asuransi Kecelakaan

Memberikan Rasa Aman Bagi Tertanggung dan Keluarganya

Asuransi kecelakaan akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada tertanggung saat bekerja. Lagi pula tidak ada orang yang bisa memprediksi kapan musibah bisa datang kepada kamu. Kecelakaan kerja bisa terjadi kapanpun karena termasuk risiko pekerjaan. Lebih lanjut, perlindungan kecelakaan diri bersifat menyeluruh artinya kamu akan dilindungi oleh pihak asuransi untuk urusan kecelakaan ringan hingga fatal yang mengakibatkan kamu meninggal dunia.

Hal ini penting mengingat pekerja adalah tulang punggung keluarga sehingga setiap risiko yang terjadi akan mengganggu pendapatan rumah tangga. Rasa nyaman inilah yang bisa diberikan oleh asuransi kecelakaan diri tersebut.

Meringankan Biaya Pengobatan

Asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan untuk kecelakaan diri yang tentunya tidak murah. Kamu tidak pernah bisa prediksi atau membuat anggaran berapa banyak biaya yang dibutuhkan saat terjadi kecelakaan. Untuk kondisi seperti ini asuransi kecelakaan diri bisa menjadi solusi terbaik untuk meringankan kondisi finansial saat terjadi musibah.

Jaminan Hari Tua

Prinsip asuransi kecelakaan jika digunakan dalam jangka panjang layaknya sebuah tabungan atau simpanan. Kamu akan jauh lebih yakin dan nyaman dalam membuat rencana keuangan keluarga untuk masa depan karena asuransi kecelakaan diri menjamin serta dapat memberikan santunan atas setiap risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di masa depan. Kenyamanan seperti ini bisa membuat masa depan dan hari tua lebih terjamin dan terencana dengan baik.

Perlindungan Terhadap Keluarga Jika Terjadi Risiko Kepada Tertanggung

Kecelakaan jenis apapun baik kecelakaan kerja maupun kecelakaan saat di jalan bisa berakibat fatal hingga menimbulkan kematian. Jika hal ini sampai terjadi, otomatis keluarga yang kamu tinggalkan bisa terkena dampak penurunan pendapatan karena tulang punggungnya telah meninggal dunia.

Jika kamu memiliki asuransi kecelakaan diri, penghasilan dari tertanggung yang terkena musibah hingga menyebabkan pendapatan terhenti akan diganti oleh pihak asuransi dalm bentuk santunan bulanan dalam periode tertentu seperti yang sudah tertera di dalam polis.

Skema lain dari asuransi kecelakaan diri adalah keluarga tertanggung akan diberikan uang dalam bentuk uang pertanggungan (UP) yang nominalnya juga besar. UP ini bisa dijadikan modal usaha bagi keluarga yang ditinggalkan.

Jenis Asuransi Kecelakaan

Ada beberapa jenis asuransi kecelakaan yang tersedia di Indonesia. Berikut informasi lengkapnya sebagai berikut:

1. Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi kecelakaan yang pertama adalah asuransi kecelakaan diri adalah asuransi kecelakaan diri yang memberikan proteksi selama 24 jam sehingga kamu tetap terlindungi dari berbagai risiko seperti cacat hingga kematian yang disebabkan oleh kecelakaan.

2. Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi kecelakaan kerja biasanya ditanggung oleh perusahaan. Seperti diamanatkan oleh Undang-Undang, para pekerja seharusnya sudah terlindungi dengan asuransi kecelakaan kerja dari pemerintah yang bernama BPJS Ketenagakerjaan. Semua kecelakaan kerja baik berat dan ringan yang terjadi di pekerjaan akan ditanggung oleh BPJS TK.

3. Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Selain beberapa asuransi kecelakaan diri dan kerja, asuransi kecelakaan yang biasanya digunakan adalah asuransi kecelakaan lalu lintas. Biasanya semua penumpang umum akan terlindungi asuransi kecelakaan lalu lintas dari Jasa Raharja. Tetapi, jumlah santunannya tidak terlalu besar, namun kamu tetap mendapatkan perlindungan dari kecelakaan yang terjadi.

4. Asuransi Kecelakaan Pesawat

Jenis asuransi kecelakaan berikutnya adalah asuransi kecelakaan pesawat terbang. Kecelakaan pesawat bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari faktor internal karena human error atau malfungsi pesawat atau juga diakibatkan karena terjadinya faktor eksternal seperti cuaca buruk.

Semua faktor risiko akan ditanggung oleh maskapai dengan mengasuransikan para penumpang. Sehingga jika pesawat terjadi kecelakaan dan para penumpang menjadi korban, ahli waris dari korban akan mendapatkan santunan berupa uang pertanggungan.

Itulah beberapa manfaat dan jenis asuransi kecelakaan yang tersedia di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu, ya.