KARIER

Begini Tips Percantik CV Agar Mudah Dilirik HRD

Syarif Maulana
01-Oct-2021

Tidak cuma untuk memperkenalkan diri, kesan pertama dari CV yang kamu kirimkan ke calon perusahaan kamu merupakan kunci penting yang mempertaruhkan apakah kamu bisa jadi kandidat kuat yang akan diproses di tahap selanjutnya. Itu sebabnya membuat CV tidak bisa asal jadi atau cuma “copy paste”. Dan untuk menjadikan CV-mu memberi efek maksimal dalam perburuan karier, kamu bisa mencoba tips berikut ini: 

Explore Keahlian & Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Tips untuk mempercantik CV kamu yang pertama yakni dengan cara explore keahlian dan sesuaikan dengan posisi yang akan kamu lamar. Setiap fresh graduate memang bebas memilih jenis pekerjaan dan perusahaan yang ingin dilamar. Namun, jika kamu sudah memiliki pengalaman dan keahlian di bidang tertentu, tentu akan membuat HRD lebih tertarik dengan kamu.

Jika kamu memiliki banyak keahlian atau skill, kamu bisa membuat CV lebih dari satu untuk masing-masing keahlian yang kamu miliki. Pastikan kamu tidak malas untuk explore keahlian kamu dan menulisnya di CV, ya.

Tidak Perlu Bertele-tele

Tips untuk mempercantik CV berikutnya yaitu dengan menyampaikan informasi secara to do point atau tidak bertele-tele. Kamu bisa melampirkan detail pendidikan, perjalanan karier, pengalaman organisasi, pendidikan non formal yang pernah diikuti, dan keahlian dalam CV dengan jelas, detail, dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Hindari menyebutkan keahlian yang hampir semua orang menguasai (misal Ms. Word). 

Dibanding menuliskan pengalamanmu dalam bentuk tulisan paragraf yang panjang, lebih baik buat dijelaskan secara singkat dalam bentuk check list. 

Tidak Perlu Sebutkan Prestasi/Keahlian yang Tidak Relevan 

Tips mempercantik CV yang wajib kamu ketahui berikutnya yakni tidak perlu menyebutkan prestasi/keahlian yang tidak relevan. Seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya kamu memiliki lebih dari satu jenis CV untuk menghindari kamu menulis informasi keahlian kamu terlalu banyak dan tidak relevan. Jika kamu menulis terlalu banyak keahlian, kamu akan membuat HRD/recruiter bingung dan tidak fokus pada keahlian utama kamu. Kamu tetap bisa menyampaikan sisi lain keahlian dan prestasi yang pernah kamu raih pada saat masuk dalam sesi interview. 

Hindari Jeda Waktu Terlalu Lama 

Tips untuk mempercantik CV yang tidak kalah penting yakni dengan tidak menulis jeda waktu karier yang terlalu lama. Hal ini akan membuat para recruiter/HRD bingung tentang jeda waktu yang ada. Sebaiknya, kamu memberikan penjelasan kenapa terdapat jeda waktu yang lama antara karir kamu. Kamu bisa jelaskan kenapa terdapat jeda waktu yang lama seperti sedang sakit, terdapat anggota keluarga yang meninggal, sedang berwirausaha, menjadi pekerja lepas, atau sedang memiliki urusan keluarga. Dengan memberikan penjelasan secara jelas, akan membuat HRD mengerti dan tidak curiga. 

Desain CV

Tips untuk mempercantik CV berikutnya yakni dengan cara mendesain CV kamu semenarik mungkin. Mungkin tidak semua orang bekerja di bidang pekerjaan kreatif, tetapi tidak ada salahnya untuk mendesain CV kamu semenarik mungkin. Untuk referensi desain CV, juga bisa melihatnya di beberapa situs seperti Canva, Novoresume, Easel.ly, Kick Resume, Cuuved, juga Designhack. Untuk memakai desain CV dari beberapa situs tersebut kamu tinggal download template-nya yang disesuaikan dengan kategori pekerjaan. 

Jujur  

Tips mempercantik CV yang tidak kalah penting yakni menuliskan CV kamu dengan jujur. Pastikan kamu menuliskan CV kamu dengan tidak menuliskan informasi bohong atau melebih-lebihkan data atau pengalaman yang ada di dalam CV. Hal ini tentu akan menjadi bumerang bagi kamu saat masuk dalam sesi interview. Para recruiter akan dengan mudah mengetahui bahwa kamu tidak jujur dan akan memasukkanmu dalam black list.

Masukan Unique Selling Point Kamu

Selain 6 tips mempercantik CV di atas, tips mempercantik CV yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukkan unique selling point kamu di dalam CV. unique selling point adalah keahlian atau skill yang membedakan kamu dengan pelamar lain. Sebagai contoh, kamu punya kemampuan sampai 4 bahasa asing atau pengalaman bekerja di posisi serupa di mancanegara.  

Cek Ulang 

Tips untuk mempercantik CV yang wajib kamu lakukan adalah mengecek ulang semua data diri, deskripsi keahlian, perjalanan karier, dan data diri sudah tertulis rapi dalam riwayat kerjamu, pastikan untuk cek ulang dua sampai tiga kali. Hindari kesalahan tulisan dan ejaan. Dan yang tidak kalah penting, buat CV kamu tampil lebih berkelas dengan desain yang menarik tapi tidak terkesan berlebihan. 

Perhatikan Surat Lamaran

Nah, tips untuk mempercantik CV yang terakhir adalah dengan memperhatikan surat lamaran yang akan kamu kirim. CV kamu memang memiliki peranan penting pada proses seleksi kerja, namun, yang tidak kalah penting adalah surat lamaran. Kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan benar saat menulis surat lamaran. Pasalnya, hal ini akan mencerminkan sisi profesionalisme kamu. Pastikan kamu memberikan informasi yang jelas tentang latar belakang dan alasan kamu melamar pekerjaan di posisi tersebut. 

Hindari memberi alasan yang terlalu umum, seperti untuk mencari pengalaman atau mencoba hal baru. Jelaskan juga dalam resume mengenai kapabilitas  apa saja yang membuatmu layak diperhitungkan untuk menempati posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Bersiap untuk mendapatkan karier baru di perusahaan idaman? Jangan cuma menunggu saja. Perbaiki CV dan buat semenarik mungkin, lalu segera kirimkan di email tujuan. Semoga beruntung!