FINANSIAL

Biar Masa Tua Bisa Aman dan Tentram, Cari Tahu Yuk Cara Mengecek Besaran Dana Pensiun yang Kamu Butuhkan

Syarif Maulana
07-Apr-2021

Ngumpulin dana pensiun ternyata memang harus sejak dini, lho. Alasannya, kalau sudah tua, kamu tidak punya banyak waktu untuk mengumpulkan dana pensiun dengan jumlah yang kamu butuhkan. Kita ambil contoh, kamu memiliki dana pensiun di usia 55 tahun dan sekarang kamu sudah memasuki umur 30 tahun berarti kamu hanya memiliki 25 tahun masa produktif.

Kalau dilihat-lihat dari sekarang memang waktu produktif tersebut termasuk lama, namun jika kamu menyepelekan waktu mengumpulkan dana pensiun, kamu akan kesulitan di masa tua nanti karena masa produktif sudah habis tetapi dana pensiun masih kurang.

Jika dana pensiun kamu kurang kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan harian. Padahal jika dipersiapkan dengan matang, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu ingin seperti menjalankan hobi dan traveling di masa tua. Menurut data dari BPS rata-rata harapan hidup orang Indonesia mencapai usia 71 tahun berarti masih ada waktu sekitar 16 tahun masa pensiun yang harus disiapkan.

Kira-kira berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk dana pensiun ? Rp500 juta atau Rp1 miliar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita simak cara menghitung dana pensiun yang tepat sebagai berikut:

Cara Menghitung Dana Pensiun

Cara menghitung dana pensiun setiap orang berbeda-beda. Alasannya, karena gaya hidup, anak yang ditanggung, penyakit yang diderita setiap orang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Hal-hal di atas mempengaruhi besaran dana pensiun yang harus disiapkan. Jadi, mari kita hitung dengan melihat kondisi diri masing-masing. Pertama, catat berapa gaji terakhirmu saat ini dan estimasi usia pensiun.

Contoh kasus: Saat ini kamu karyawan usia 30 tahun dengan gaji Rp9 juta per bulan. Kamu ingin menikmati masa tua dengan menjalani hobi dan traveling. Dengan asumsi saat pensiun nanti kamu tidak memiliki cicilan, utang atau tanggungan pendidikan anak, kamu pikir uang sebesar Rp5 juta per bulan akan cukup untuk memenuhi keinginan tersebut. 

Dengan demikian, dana yang dibutuhkan untuk masa pensiun 16 tahun atau 192 bulan adalah sebagai berikut:

  • 192 x Rp5= Rp960 juta.

Sayangnya, tidak bisa semudah itu. Harus diingat bahwa nilai Rp5 juta saat ini, tidak sama nilainya pada 25 tahun mendatang. Perlu kamu ingat, saat kamu kecil dulu, uang Rp2.000 sudah bisa membeli bihun, sedangkan saat ini uang Rp2.000 sudah tidak bisa untuk membeli es teh manis. Nilai uang beberapa tahun mendatang juga akan menurun karena adanya inflasi.

Oleh sebab itu, kamu harus memperkirakan nilai Rp5 juta pada waktu 25 tahun mendatang. Beberapa tahun belakangan rata-rata kenaikan inflasi per tahun adalah sebesar 5% per tahun. Kamu bisa mencoba menghitung sebagai berikut.

  • Present Value Co    = 5.000.000
  • Rate per Period (r)  = 0.416
  • # of Period               = 300
  •                                    = 27.2 juta

Ket:

  • Rate per period adalah estimasi kenaikan inflasi (5 persen) dibagi 12 bulan
  • # of Period adalah total tahun x 12 bulan (25 tahun x 12 bulan = 300)

Dari contoh kalkulator keuangan di atas, diketahui bahwa uang yang kamu perlukan untuk memenuhi kebutuhan dari Rp5 juta jadi sekitar 27.2 juta per bulan. Oleh karena itu, selama 16 tahun (192 bulan) masa pensiun, kamu memerlukan uang sebesar Rp27.2 juta x 192=  Rp5.2 miliar.

Kamu bisa mencari kalkulator dana pensiun di beberapa website penyedia kalkulator untuk menghitung jumlah uang yang harus kamu siapkan. Dari contoh kasus di atas, kamu jadi tahu berapa uang yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana pensiun tidak sedikit. Oleh karena itu, jangan lupa menyiapkan dana pensiun sedini mungkin, ya