FINANSIAL

Daftar Investasi yang Cocok Digunakan untuk Mengumpulkan Dana Pensiun

Syarif Maulana
07-Apr-2021

Dana pensiun mau tidak mau harus dipikirkan dan dikumpulkan sejak dini. Memangnya kamu mau sampai tua harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Tentu saja tidak kan. Investasi bisa menjadi pilihan untuk mengumpulkan dana pensiun saat kita tua nanti. Ada beberapa macam instrumen investasi yang memang tersedia di pasar Indonesia.

Tetapi, tidak semua jenis instrumen investasi cocok digunakan untuk mengumpulkan dana pensiun, lho. Kira-kira instrumen investasi apa yang cocok untuk mengumpulkan dana investasi? Yuk, simak:

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang sedang naik daun karena banyak digunakan masyarakat. Instrumen ini dipilih masyarakat karena menguntungkan dan mudah digunakan. Dimana sistemnya adalah uang yang kamu investasikan di perusahaan manajer investasi akan dikelola oleh manajer investasi yang telah berpengalaman dan akan bertanggung jawab untuk mendapatkan imbal hasil atau return setinggi mungkin dengan mencari instrumen reksa dana yang menguntungkan.

Salah satu reksa dana yang memiliki risiko rendah adalah reksa dana pendapatan tetap. Pada reksa dana pendapatan tetap, uang kamu akan diinvestasikan di obligasi dan deposito berjangka yang memang terbilang aman dan memiliki risiko rendah.

Investasi Saham

Instrumen investasi saham memang banyak dipilih karena imbal hasil atau return yang tinggi. Berbeda dengan trader yang menjual saham dari selisih harga, investasi saham untuk dana pensiun menguntungkan karena kamu akan dapat keuntungan dari pembagian laba atau dividen dan kenaikan harga saham atau capital gain.

Nah, harga saham blue chip cenderung meningkat setiap tahun, bayangkan jika kamu memiliki saham ini selama dua puluh tahun, berapa banyak capital gain dan dividen yang akan kamu dapatkan?

Deposito Berjangka

Selain saham dan reksa dana yang memiliki risiko moderat dan agresif, deposito berjangka juga merupakan instrumen investasi yang menguntungkan. Instrumen investasi deposito memiliki risiko rendah dan aman terhadap fluktuasi suku bunga bank Indonesia. Jika kamu menginvestasikan semua tabungan kamu di bank, maka tabungan tersebut akan aman dari gerusan inflasi. 

Selain itu kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang ada. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas automatic roll over atau menabung otomatis ketika tenor deposito memang sudah habis.

Investasi Emas Batangan

Investasi emas batangan memang perlu dipertimbangkan untuk investasi dana pensiun. Pasalnya, harga emas cenderung stabil dan meningkat setiap tahun. Bayangkan harga emas yang bisa meningkat hingga berkali-kali lipat dalam kurun waktu yang lama.

BPJS Ketenagakerjaan

Selain beberapa instrumen investasi yang sudah disebutkan di atas, BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi pilihan investasi untuk para karyawan muda. Pasalnya, BPJS TK memiliki program yang bernama Jaminan Hari Tua (JHT) yang akan menjadi bekal di hari tua nanti.

Selama kamu bekerja, penghasilan kamu akan dipotong setiap bulan, perusahaan akan membayar iuran ke pihak BPJS TK. Kamu tidak akan berasa bahwa gajimu dipotong. Tahu-tahu sudah banyak ketika waktu pensiun kamu tiba. Kamu bisa memanfaatkan uang ini dengan baik di masa tua nanti.

Itulah beberapa instrumen investasi yang memang cocok digunakan untuk dana pensiun. Semoga dengan informasi yang sudah diberikan di atas, kamu makin paham tentang pentingnya mengumpulkan dan pensiun sedini mungkin.