FINANSIAL

Di Era Digital, Punya Kartu Kredit Bisa Makin Untung. Ini Buktinya

Syarif Maulana
12-Aug-2021

Di era digital, sudah gak ada lagi orang yang ke mana-mana bawa dompet tebal atau malah koper berisi lembaran duit. Berkat kemajuan zaman, semuanya jadi lebih mudah, termasuk untuk urusan jual-beli.

Transaksi pembayaran dengan duit segepok sudah digantikan dengan cashless, kecuali untuk tujuan suap pejabat mungkin biar gak terdeteksi sistem. Transaksi non-tunai dalam jaringan Internet digemari karena simpel dan banyak manfaatnya, apalagi menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit sudah bukan lagi menjadi momok buat warga kebanyakan. Justru alat pembayaran ini diburu karena menawarkan banyak faedah yang membuat ringan pengeluaran, terutama oleh generasi milenial.

Generasi milenial bisa dibilang sebagai generasi paling beruntung, karena banyak kemudahan yang didapat berkat perkembangan teknologi. Berikut ini alasan kenapa punya kartu kredit itu makin menguntungkan buat generasi milenial:

1. Belanja e-commerce makin mudah

Situs e-commerce alias jual-beli online makin menjamur beberapa tahun belakangan. Bila punya kartu kredit, makin banyak keuntungan yang didapat dari fenomena ini. Banyak situs yang bekerja sama dengan kartu kredit memberikan diskon atau program lainnya bagi pemilik kartu kredit. Bukan semua kartu kredit, tentunya.

Cek saja program apa yang sedang ada di situs tersebut. Termasuk kartu kredit apa saja yang lagi memberikan diskon plus syarat-syaratnya. Seperti baru-baru ini kerja sama antara Bank Mandiri dengan urban sneaker society yakni platform e-commerce produk fashion anak muda yang menawarkan diskon dengan kartu debit dan kredit mandiri

2. Booking tiket pesawat bisa dapat point reward atau ditukar dengan air mileage

Suka jalan-jalan naik pesawat? Ongkos bisa ditekan bila punya kartu kredit. Ada program poin atau mileage yang didapat bila beli tiket pesawat pakai kartu kredit tertentu. Poin bisa ditukar dengan barang atau manfaat lain sesuai dengan ketentuan. Adapun mileage dapat dibarter dengan tiket pesawat gratis!

Itu belum termasuk fasilitas lounge gratis di bandara besar di Indonesia, bahkan diluar Indonesia.

3. Booking hotel juga bisa dapat harga khusus

Bukan cuma tiket pesawat, kamar hotel pun bisa dihargai miring bila dipesan pakai kartu kredit. Selain pesan langsung ke pihak hotel, potongan harga bisa diperoleh lewat transaksi di situs travel semacam Traveloka, Mister Aladin, Pegi-Pegi, dan lain-lain.

Sudah dapat potongan harga tiket pesawat, kamar hotel pun murah. Kenikmatan apa lagi yang bisa kau dustakan dari kartu kredit, hei pencinta traveling?

4. Diskon transportasi online

Salah satu merchant kartu kredit adalah perusahaan transportasi online. Beberapa transportasi online yang ada di Indonesia biasanya menawarkan kerja sama dengan bank tertentu untuk dapat potongan harga.

5. Bayar tagihan rutin bulanan makin mudah dan praktis

Pengin lepas dari keribetan bayar tagihan telepon, listrik, air, Internet, dan lain-lain? Gunakan saja kartu kredit untuk bayar tagihan rutin bulanan ini. Cukup daftarkan nomor kartu ke sistem mereka, maka otomatis tagihan terbayar.

Tapi jangan lupa mencabut pendaftaran bila sudah gak pakai layanan mereka. Punya kartu kredit gak hanya mendatangkan keuntungan berupa kemudahan transaksi. Yang jauh lebih penting, pengeluaran bisa lebih diatur dengan kartu kredit.

Tinggal dari diri kita saja yang mesti bijak dalam mengambil manfaat kartu kredit. Tagihan mesti dilunasi tiap bulan. Bila terpaksa bayar minimum, segera lunasi pada bulan selanjutnya.