FINANSIAL

Faktor-Faktor yang Menentukan Besaran Pinjaman Kredit Tanpa Agunan dari Pihak Bank

Syarif Maulana
22-Apr-2021

Kredit Tanpa Agunan atau KTA memang bisa menjadi salah satu solusi pembiayaan buat kamu yang memang membutuhkan dana cepat tetapi tidak ingin berutang sama teman. Pasalnya, kebutuhan hidup cukup tinggi, jika ada kebutuhan mendadak, tabungan tidak bisa mencukupi kebutuhan tersebut.

KTA banyak dipilih masyarakat karena persyaratannya mudah dan prosesnya cepat karena kamu tidak ada proses pengecekan aset jadi pencairan dana cenderung cepat. Dana yang dipinjamkan juga cukup besar membuat KTA memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Tidak sedikit bank swasta yang ikut menawarkan fasilitas KTA dengan syarat mudah, bunga kompetitif, dan promo yang menarik. Mulai dari promo bunga cicilan 0,9 persen per bulan hingga bebas biaya admin. Benar-benar menggoda kan tuh.

Besaran bunga KTA untuk setiap orang juga berbeda-beda, lho ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan oleh pihak bank untuk menentukan besaran KTA. Apa saja yang jadi pertimbangan? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut:

Penghasilan

Penghasilan atau pendapatan kamu setiap bulan sudah pasti akan menjadi tolak ukur bank untuk memberikan atau menyetujui pengajuan KTA atau tidak. Setiap bank memiliki standarisasi berbeda untuk nasabah yang bisa diberikan KTA. Namun, rata-rata bank menerapkan gaji minimal sebesar Rp3 juta per bulan untuk minimal penghasilan nasabah.

Untuk kalangan pengusaha, hal penting yang terkait dengan penghasilan pastinya merupakan laporan keuangan. Bentuknya bisa apa saja, mulai dari slip rekening tiga bulan terakhir atau buku laporan keuangan sederhana yang bisa bank gunakan sebagai acuan untuk mengecek keuangan pribadi kamu.

NPWP

Selain penghasilan, NPWP juga menjadi acuan bagi bank untuk memberikan KTA. Tetapi, banyak nasabah yang masih meremehkan kelengkapan dokumen ini. Tanpa mengajukan dokumen NPWP, banyak pengajuan KTA yang pada akhirnya ditolak. NPWP sangat bermanfaat dan berguna untuk bank karena dapat melihat histori pembayaran pajak kamu selama ini.

Nah, rekam jejak itu dapat berguna untuk menentukan nilai KTA yang bisa kamu terima dari bank.

Rekening Bank

Bank juga biasanya mewajibkan kamu sebagai calon nasabah untuk menyertakan buku tabungan. Pastikan kamu mengisi data pengajuan yang sesuai dengan data yang ada di dalam buku tabungan kamu.

Kartu Kredit

Kartu kredit sudah jadi syarat utama pengajuan KTA. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memiliki kartu kredit dan sudah digunakan selama setahun. Pasalnya, dalam setahun pihak bank akan mengecek apakah pola penggunaan kartu kredit kamu, jika kamu masih sering menunggak pembayaran kartu kredit, jangan harap pengajuan KTA kamu dapat berjalan dengan mulus.

Buat kamu yang masih anti dan punya pandangan buruk dengan kartu kredit, mungkin saat ini merupakan saat yang tepat untuk menggunakan kartu kredit. Jangan lupa untuk selalu membayar tagihan kartu kredit setiap bulan sebelum jatuh tempo. Limit kartu kredit yang digunakan juga lebih baik dimanfaatkan dengan optimal, jangan sampai kamu overlimit.

Hal ini ternyata dapat mempengaruhi penilaian besaran pinjaman yang akan diberikan. Limit maksimal dari KTA adalah lima kali limit kartu kredit yang kamu miliki. Jadi misalkan limit kartu kredit kamu Rp10 juta, maka kamu bisa mengajukan KTA hingga Rp50 juta.

Skor Kredit

Pihak bank juga akan mengecek skor kredit dan SLIK OJK kamu sebelum memproses pengajuan KTA kamu. Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK OJK merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK yang berisi informasi keuangan debitur. Riwayat kredit ini akan dinilai berdasarkan performa pembayaran kamu. Jika kamu pernah menunggak suatu cicilan, bisa jadi skor kredit kamu jadi buruk.

Jika skor kredit kamu jelek, kamu akan kesulitan melakukan pinjaman KTA atau pinjaman kamu tetap diterima namun dengan limit pinjaman yang jauh lebih kecil. Setiap kegiatan kredit kita akan dicatat oleh OJK, jadi pastikan kamu jangan pernah menunggak cicilan agar skor kredit kamu tetap bagus.

Itulah beberapa hal yang bank pertimbangkan ketika nasabah mengajukan pinjaman KTA di bank. Kamu sebagai nasabah sebaiknya memenuhi persyaratan di atas jika ingin pinjaman kamu disetujui dengan cepat.

Artikel Terkait