FINANSIAL

Kenalan dengan Rekening Bersama dalam Tabungan Serta Cara Kerjanya

Syarif Maulana
22-Apr-2021

Kamu pasti pernah mendengar tentang istilah rekening bersama tetapi tidak tahu manfaat atau kelebihan dalam layanan rekening bersama. Rekber atau yang biasa disebut rekening bersama merupakan metode pembayaran transaksi online yang dianggap jauh lebih aman ketimbang transfer langsung ke rekening penjual.

Dengan tingginya penjualan produk secara online membuat minat masyarakat membuat rekening bersama ikut meningkat. Rekening bersama tidak hanya ada di Indonesia saja, lho, di luar negeri ada rekening bersama dengan nama Escrow Service (ES). Di dunia perbankan rekening bersama juga dikenal dengan nama Escrow Service. Biar kamu gak bingung, berikut pembahasan mengenai rekening bersama yang harus kamu pahami:

Pengertian Rekening Bersama

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rekening bersama memang bertujuan untuk transaksi jual dan beli barang secara online. Jadi jangan disamakan dengan rekening bersama antara suami dan istri, ya. Lalu, siapa yang memiliki kewenangan atau otoritas untuk mengelola rekber atau rekening bersama ini?

Pada dasarnya, rekening bersama merupakan bisnis yang bergerak di bidang jasa. Jadi siapa saja bisa menekuni bisnis ini dan memiliki otoritas untuk mengelola rekening ini. Modal untuk membuat rekening bersama juga tidak memerlukan uang dalam jumlah besar, kamu hanya perlu memiliki rekening di beberapa bank yang menyediakan rekening bersama. Terlebih, dari satu rekening bersama bisa memiliki beberapa rekening dari bank yang berbeda.

Cara Kerja Rekening Bersama

Namanya bisnis, tentu ada biaya yang akan dibebankan kepada pengguna layanan rekening bersama. Berapa besaran biayanya? Sampai saat ini belum ada patokan harga atau aturan baku untuk mengatur besaran nominal layanan rekening bersama. Penyedia jasa bebas menentukan besaran tarif untuk layanan rekening bersama.

Biasanya, tarif layanan ditentukan berdasarkan harga produk yang kamu jual belikan. Sebagai contoh, harga produk di bawah Rp100 ribu akan dikenakan biaya Rp5 ribu, harga produk Rp100 ribu sampai Rp500 ribu akan dikenakan biaya hingga Rp10 ribu dan berlaku kelipatan.

Setelah mengetahui jumlah harga yang harus dibayarkan melalui rekening bersama, siapa yang harus membayar jasa rekening bersama? Biasanya biaya akan dibebankan kepada pihak pembeli barang atau jasa. Lantas, bagaimana cara kerja dari rekening bersama ini? Agar tidak menimbulkan persepsi yang berbeda yuk simak poin-poin cara kerja rekening bersama berikut ini:

  1. Penjual dan pembeli barang sepakat menunjuk layanan rekening bersama yang diinginkan.
  2. Selanjutnya, pembeli akan mentransfer uang seharga produk yang diinginkan plus biaya jasa ke rekening bersama yang dipilih.
  3. Pembeli akan menginformasikan bahwa dana telah ditransfer ke penyedia layanan rekening bersama.
  4. Setelah dana diterima oleh rekening bersama, penyedia layanan rekening bersama akan menginformasikan kepada pihak penjual agar segera mengirimkan barang kepada pihak pembeli.
  5. Jika pembeli telah menerima barang dari penjual, maka penjual harus segera menginformasikannya kepada pihak penyedia layanan rekening bersama.
  6. Berikutnya penyedia layanan rekening bersama akan mentransfer dana ke pihak penjual.
  7. Terakhir penjual mengkonfirmasi ke penyedia layanan rekening bersama jika telah menerima dananya.

Jika kamu lihat dari langkah-langkahnya, mekanisme layanan rekening bersama ini terlihat sederhana. Meskipun demikian, bukan berarti layanan ini bebas hambatan. Transaksi tidak hanya melibatkan penjual dan pembeli, tetapi terdapat pihak ketiga yakni penyedia jasa rekening bersama itu sendiri, yang dimana kecepatan pemrosesannya tergantung dari cepat atu tidaknya proses di pihak ketiga tersebut.

Semoga informasi mengenai rekening bersama di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin berjualan online dan membutuhkan transaksi bersama.