FINANSIAL

Pakai KTA Untuk Biaya Nikah? Ini Tips Amannya

Syarif Maulana
07-Oct-2021

Dari sekian banyak rencana pernikahan, yang paling sering menjadi persoalan utama biasanya adalah tingginya biaya. Memang banyak pasangan pengantin yang melibatkan keluarga besar dalam urusan dana pernikahan, tapi gak jarang juga lho pasangan yang ingin mandiri dan membiayai pernikahannya sendiri tanpa melibatkan keluarga dan orang tua.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang ingin biaya pernikahan secara mandiri, pastinya akan dihadapkan dengan resiko dana yang cukup besar. Kalau kamu memang punya simpanan yang cukup memang gak ada masalah, tapi buat kamu yang dananya pas-pasan, bisa jadi ini akan membuat kamu pusing.

Solusi yang sering dilakukan banyak orang untuk mengatasi kekurangan dana menikah adalah dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Cara ini sangat efisien untuk membantu biaya pernikahan dan caranya pun mudah. Tapi menggunakan dana dari KTA bukan berarti kamu bisa meminjam dana semau kamu. Kalau di kemudian hari kamu kesulitan membayar cicilannya, bisa jadi justru rumah tangga kamu yang bakal terganggu. Nah, untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan setelah pernikahan nanti, ikuti tips-tips berikut ini:

Memilih Produk KTA

Banyak sekali produk KTA yang ditawarkan oleh bank dan setiap bank juga punya produk yang berbeda-beda. Sebelum menentukan KTA mana yang kamu pilih, sebaiknya kamu melakukan survei produk dulu untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu.

Jangan Pinjam Jumlah Besar

Usahakan meminjam dana hanya untuk menutupi sisa biaya yang gak mampu kamu penuhi saja. Ini akan mempermudah kamu saat pelunasan nanti. Kalau dana yang kamu ajukan terlalu besar, semakin besar pula cicilan yang nanti harus kamu bayar dan ini bisa membebani kehidupan rumah tangga kamu.

Pilih Jangka Waktu yang Pendek

Perlu kamu tahu bahwa pinjaman dengan jangka waktu yang lama akan terbebani dengan bunga yang makin tinggi akumulasinya. Dan jangka waktu pinjaman yang pendek bisa membuat kamu terhindar dari biaya bunga yang berlarut-larut. Jadi, semakin lama jangka waktunya, semakin banyak total hutang yang harus dibayar. Jangan sampai usai pesta pernikahan kamu malah terlilit hutang 

Jangan Pernah Bayar Cicilan KTA dengan Kartu Kredit

Ini cukup sering terjadi dimana pelunasan cicilan KTA dibayar dengan kartu kredit. Ini artinya kamu menutup lubang dengan menggali lubang baru karena kartu kredit adalah bentuk lain dari berhutang. Alih-alih ingin cepat lunas, hutang kamu malah semakin besar.

Jangan Telat Bayar

Bayarlah cicilan kamu sesuai waktu yang sudah ditentukan. Keterlambatan apalagi sampai beberapa kali bisa beresiko masuk dalam daftar hitam nasabah. Selain itu kalau kamu selalu bayar tepat waktu, ini bisa mempermudah kamu untuk mengajukan pinjaman berikutnya.

Itulah, beberapa tips aman menggunakan KTA untuk biaya nikah. Pastikan kamu meminjam KTA yang memang diperuntukan untuk kebutuhan pernikahan yang penting saja agar tagihan kamu tidak membengkak. Sebelum melakukan pinjaman KTA pastikan kamu dan pasangan sudah menyetujui dan menyadari risikonya agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.