FINANSIAL

Strategi Jitu Untuk Pensiun Dini Biar Gak Harus Kerja Seumur Hidup

Syarif Maulana
08-Apr-2021

Siapa sih yang mau bekerja sampai ajalnya nanti ? Setiap orang tentu ingin pensiun lebih cepat dari waktu yang memang sudah ditargetkan atau waktu umum. Pensiun dini memang menjadi dambaan setiap orang  karena banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika sudah pensiun. Tetapi pensiun dini memang bukan perkara mudah, pasalnya kamu harus menyiapkan uang dalam jumlah besar untuk melakukan pensiun dini.

Alasannya, karena ketika kamu sudah pensiun dini, sumber pemasukan kamu dari bekerja jadi ikut hilang karena kamu sudah memasuki masa pensiun. Lantas, apakah pensiun dini mungkin untuk diraih? Jawabannya, iya bisa diraih tetapi memang butuh trik dan kerja keras. Yuk, simak tips untuk bisa meraih pensiun dini:

Pasang Target

Tujuan apapun di dalam hidup akan mudah terlaksana jika kamu memiliki target yang jelas. Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan pensiun dini, pastikan kamu memasang target yang jelas dan terukur. Sebagai contoh usia harapan hidup di Indonesia menurut data BPS adalah 71 tahun dan usia pensiun yang ideal adalah 55 tahun, jika kamu ingin pensiun dini di usia 40 tahun dan saat ini kamu sedang berada di usia 25 tahun berarti kamu memiliki 15 tahun untuk mewujudkannya.

Dalam waktu 15 tahun kamu harus bisa mengumpulkan uang agar tujuan pensiun dini kamu bisa terkabul. Kamu harus membuat perencanaan keuangan yang matang soal ini.

Hitung Biaya Hidup Kamu

Jika kamu memang ingin pensiun dini, pastikan kamu memiliki perencanaan keuangan yang baik. Pertama-tama kamu harus cek biaya hidup bulanan kamu saat ini. Nah, kemudian hitung biaya hidup bulanan pada waktu kamu pensiun, mulai dari biaya makan, listrik, serta kebutuhan lain. Tentukan gaya hidup yang ingin kamu nikmati di masa pensiun, apakah sederhana atau ingin plesiran ke luar negeri setiap enam bulan?

 Nah, gaya hidup kamu di masa pensiun akan menentukan berapa besaran biaya pensiun dini yang perlu kamu kumpulkan.

Cek Jumlah Utang dan Cicilan

Setelah kamu mengetahui jumlah biaya bulanan kamu, selanjutnya, kamu bisa cek total utang yang kamu miliki. Pasalnya, saat pensiun dini, kamu harus sudah terbebas dari jeratan utang yang ada. Melunasi segala cicilan yang ada mulai dari cicilan kendaraan, rumah, kartu kredit, dan beberapa cicilan lain jika ada. Melunasi cicilan yang telah disebutkan di atas, sebelum memasuki masa pensiun agar kamu bisa pensiun dengan lancar sentosa.

Berhemat

Jika memang standar hidup kamu sudah tinggi, maka kamu  akan kesulitan untuk menurunkannya lagi. Sebagai contoh, kamu biasa makan daging setiap hari, maka akan sulit jika diturunkan menjadi ayam apalagi tempe. Jika memang kamu sudah memiliki komitmen yang kuat untuk pensiun dini, kamu harus bisa berkomitmen untuk mewujudkannya.

Salah satu cara untuk mewujudkan pensiun dini adalah dengan berhemat dan mengencangkan budget. Kamu bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Kelola Pesangon dengan Baik

Jika kamu bekerja di perusahaan swasta, ketika kamu meminta untuk pensiun, kamu akan diberikan pesangon yang hanya diberikan satu kali mendekati waktu pensiun kamu tiba. Gunakan uang pesangon dengan bijak agar tidak langsung habis tanpa sisa. Ada baiknya kamu alokasikan dana pesangon untuk melunasi sisa utang, menambah tabungan, dan dikelola menjadi dana investasi. Hal ini tentu akan jauh lebih berguna jika hanya dihabiskan untuk keperluan konsumtif saja.

Nah, itulah beberapa tips atau strategi jitu untuk bisa melakukan pensiun dini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang memang sudah berencana melakukan pensiun dini.