KARIER

Tips Ampuh Biar Pekerjaan Utama dan Sampingan Bisa Berjalan Mulus

Syarif Maulana
05-Oct-2021

Siapa sih yang tidak mau memiliki penghasilan tambahan? Setiap tahun kebutuhan sehari-hari semakin meningkat. Oleh karena itu, jika hanya bergantung pada satu sumber penghasilan, kamu akan kerepotan dan tidak akan cukup. Memiliki dua penghasilan menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tetapi memiliki dua penghasilan memiliki risikonya sendiri karena jika kamu tidak pandai mengatur waktu, kamu akan merasakan kesulitan tersendiri dan bisa-bisa performa di pekerjaan utama menurun dan kamu bisa dipecat. Lantas, bagaimana cara mengatur buat kamu yang memiliki lebih dari satu sumber penghasilan?

Manajemen Waktu

Buat kamu yang memiliki pekerjaan sampingan, kamu harus benar-benar menguasai yang namanya manajemen waktu atau yang biasa dibilang dengan time management. Soalnya, kamu harus pintar-pintar membagi waktu 24 jam agar bisa maksimal antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain.

Kamu harus pintar dalam mengatur dan mencuri waktu untuk melakukan bisnis atau kerja sampingan di dalam satu minggu. Pastikan performa pekerjaan utama tidak terganggu dengan kamu memiliki pekerjaan sampingan atau tambahan. Soalnya bisa jadi masalah kalau sampai akhirnya kamu dipecat.

Pisahkan Pendapatan

Dengan memiliki dua pekerjaan, berarti kamu memiliki dua sumber pendapatan kan. Agar tidak cepat habis dan tercampur, kamu bisa memisahkan dua pemasukan ini dengan cara memiliki dua rekening atau bahkan tiga rekening. Sebagai contoh rekening pertama untuk gajian dari pekerjaan utama dan kebutuhan sehari-hari. Rekening kedua untuk gajian dari sumber pendapatan yang kedua dan rekening yang ketiga memang dikhususkan untuk tabungan.

Dengan membagi keuangan menjadi tiga rekening, kamu jadi bisa mengecek berapa besaran sumber pendapatan dan tabungan setiap bulannya.

Fokus

Selain harus pintar dalam manajemen waktu, kamu juga harus fokus dengan semua kewajiban kamu. Kamu harus pintar dalam mengatur pikiran dan fokus, jika sedang berada di kantor dan pada jam kantor, sebisa mungkin kamu tidak membuka pekerjaan yang berhubungan dengan kerja sampingan. Selesaikan pekerjaan utama agar bisa maksimal dan tidak berujung masalah.

Setelah jam kerja selesai atau saat akhir pekan tiba, barulah kamu bisa mengganti fokus kamu ke dalam pekerjaan sampingan atau bisnis yang memang sedang kamu geluti. Jangan sampai mencampur pekerjaan utama dan sampingan di saat bersamaan karena tidak hanya akan merugikan diri kamu, tetapi akan merugikan rekan-rekan kamu juga. Jika kamu sudah pandai dalam mengatur waktu, perlahan-lahan portofolio kamu pun akan ikut berkembang atau meningkat

Evaluasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menjalani dua pekerjaan sekaligus memang bukan perkara mudah. Jika kamu memang terlalu memaksakan diri dan ternyata performa dari dua pekerjaan baik yang utama dan tambahan buruk dan tidak maksimal sebaiknya kamu melakukan evaluasi diri apakah kamu mampu mengerjakannya.

Tidak semua orang memiliki waktu, kesempatan, dan tenaga yang sama untuk multitasking. Terlebih, jika kamu mulai berbisnis dengan modal yang tidak sedikit. Akan sayang sekali jika memang hasilnya tidak maksimal dan merugikan diri kamu.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu sedang menjalankan bisnis atau pekerjaan sampingan. Jangan sampai bisnis atau pekerjaan sampingan kamu malah menurunkan performa pekerjaan utama kamu, ya.