FINANSIAL

Tips Hemat Saat Belanja Online Biar Nggak Tekor Tengah Bulan

Syarif Maulana
08-Oct-2021

Belanja online sekarang banyak dipilih konsumen karena kemudahannya. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke toko tujuan, lewat  belanja online para konsumen bisa dengan mudah membeli barang yang dibutuhkannya. Tinggal mainkan jari di aplikasi, pilih barang sesuai kebutuhan, kemudian semua barang bisa dibeli. 

Masalahnya, karena pembelian bisa dilakukan dengan mudah plus banyak berseliweran diskon, sebagian orang malah jadi kalap dan ujung-ujungnya pengeluaran membengkak akibat terlalu sering belanja lewat dunia maya. Terlebih, beberapa situs penyedia belanja online juga menyiapkan layanan gratis ongkos kirim atau ongkir untuk memikat para konsumen. Agar anggaran belanja online kamu tetap sesuai budget, kamu bisa coba tips hemat belanja online sebagai berikut.

Buat Budget Khusus

Cara pertama yang mesti dilakukan adalah dengan mengontrol anggaran pengeluaran. Buat pos-pos pengeluaran dan pemasukan anggaran belanja lewat online. Setelah dibuat pos dana khusus, pastikan untuk disiplin dengan anggaran yang sudah dibuat. Dengan tersedianya budget khusus kamu bisa tahu berapa banyak dana yang telah dikeluarkan untuk belanja online.

Jika terpaksa ada pembengkakan anggaran, pastikan tidak lebih dari 10% anggaran yang sudah ditetapkan di awal. Selanjutnya, setelah terjadi pembengkakan pengeluaran untuk bulan tertentu, di bulan selanjutnya dilakukan penyesuaian atau pengurangan anggaran untuk pos belanja ini. 

Riset Sebelum Belanja

Jangan terlalu sering buka aplikasi belanja saat kamu tidak ada kebutuhan untuk beli suatu produk. Ini adalah cara supaya kamu tidak impulsif belanja online. Pastikan juga kamu mengecek dulu produk-produk apa yang akan dibeli, terlebih lagi untuk produk yang baru pertama kamu beli. Selain itu, kamu bisa melihat rating dan review dari toko penjual. Ini dimaksudkan agar kamu membeli produk di tempat yang terpercaya sehingga kualitas produk dan ketepatan waktu pengiriman tak bikin kecewa. 

Bandingkan harga Saat Belanja Online

Demi menekan budget belanja, kamu bisa membandingkan harga antara aplikasi jual beli satu dengan yang lainnya. Bisa jadi ada selisih harga yang cukup lumayan atau sedang ada promo spesial sehingga bisa menekan dana belanja online. 

Aktifkan Notifikasi Promo atau Diskon

Demi tidak melewatkan program promo, kamu bisa aktifkan notifikasi dari aplikasi atau situs online saat mereka mengadakan program diskon atau juga jam-jam khusus yang menawarkan produk dengan harga super hemat. Dengan memanfaatkan beberapa diskon dan tetap disiplin dengan pos anggaran yang telah dibuat, cara ini bisa bantu untuk menghemat pengeluaran saat belanja lewat online.  

Hindari Kesalahan

Mengingat saat belanja online kita tidak bisa melihat langsung atau mencoba barang yang akan dibeli, usahakan untuk tidak salah input data soal ukuran dan warna. Kalau perlu tambahkan catatan khusus agar pihak toko atau penjual benar-benar mengirim produk sesuai yang kamu pesan. Dengan langkah tersebut kamu bisa terhindar dari risiko salah ukuran barang dan mesti mengembalikan lagi barang untuk ditukar yang mana kadang butuh biaya lagi untuk proses return-nya. 

Dari beberapa tips di atas, kunci utama biar bisa tetap hemat belanja online adalah bisa disiplin dan nggak gampang kalap mata saat browsing di marketplace atau situs jual beli. Selain itu, program diskon dari aplikasi jual beli bisa ikut andil bikin kamu lebih hemat. Selamat belanja!