FINANSIAL

Tips Kelola Uang THR untuk PNS dan Pegawai Swasta dengan Tepat

Syarif Maulana
22-Apr-2021

Lebaran kurang lebih tinggal tiga minggu lagi, hal ini berarti uang THR akan cair tidak lama lagi. Para pekerja baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pegawai swasta akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) satu kali dalam setahun setiap waktu bulan Ramadan. Bulan ramadan memang semarak dengan ibadah serta kegiatan belanja mulai dari bahan makanan untuk makanan lebaran seperti opor ayam dan kue kering hingga membeli baju baru.

Bulan ramadan memang identik dengan beli baju baru dengan menggunakan uang THR yang ada. Namun, jika kita hanya menggunakan uang THR untuk keperluan belanja bulanan saja tentu uang THR akan habis tidak tersisa. Agar kamu bisa mengelola uang THR dengan tepat abisgajian.id punya tips yang jitu untuk kamu. Yuk, disimak.

Utamakan Kebutuhan Sosial dan Spiritual

Yang namanya hidup harus seimbang. Kata orang kebahagian tertinggi itu adalah dari berbagi kepada sesama. Pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini, bagi kamu karyawan yang beragama muslim bisa langsung membayarkan zakat baik zakat harta dan zakat fitrah. Pembayaran zakat pun sekarang makin mudah, kamu bisa membayar di masjid maupun membayar zakat secara online ke badan amil zakat.

Kamu juga bisa memberikan zakat kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar lingkungan kamu. Oleh karena itu, kamu bisa mengambil uang THR untuk keperluan zakat fitrah dan zakat penghasilan. Kamu bisa membayarkan zakat penghasilan dari gaji bulanan kamu, sedangkan THR untuk membayarkan zakat fitrah dan sedekah jika memang kamu memiliki uang lebih.

Gunakan sebagian Uang THR untuk Menabung

Jika selama ini kamu rutin menabung dari hasil menyisihkan uang gaji, dana THR bisa kamu jadikan tambahan untuk mengisi tabunganmu. Dengan begitu tabungan yang kamu miliki akan bertambah jumlahnya dengan lebih cepat dan bisa digunakan untuk keperluan penting dan mendadak. 

Kamu bisa menyisihkan 10%-50% dari total uang yang kamu dapatkan untuk ditabung, tergantung kebutuhan dan keinginanmu. Ingat, jangan gunakan semua uang yang kamu dapatkan untuk berbelanja sesuatu yang sifatnya hanya keinginan dan bukan kebutuhan serta prioritaskan untuk hal-hal yang lebih penting.

Belanja Baju Baru dan Perlengkapan Ibadah Seperlunya

Membeli baju baru dan berbagai macam perlengkapan ibadah sudah umum dilakukan menjelang Lebaran tiba. Selain mudik, tradisi membeli baju baru pas lebaran memang sering dilakukan masyarakat Indonesia. Tetapi, kamu tidak perlu berlebihan saat membelinya dan tidak ada keharusan menjalankan semua tradisi yang ada.

Kamu tidak perlu membeli baju baru dan perlengkapan ibadah baru jika baju yang kamu miliki masih bagus. Kamu bisa mengalokasikan 10-20 persen uang THR kamu untuk membeli produk perlengkapan ibadah maupun baju baru. Usahakan jangan lebih dari angka di atas, agar uang kamu tidak langsung habis. 

Gunakan untuk Lunasi Utang

Dana THR kamu juga bisa gunakan untuk melunasi utang atau cicilan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki utang kredit kendaraan bermotor baik mobil atau motor, kamu bisa gunakan dana THR kamu untuk melunasi cicilan mobil dan motor tersebut. Cicilan kamu akan jadi lebih ringan jika kamu sudah bisa melunasi utang-utang yang kamu miliki.

Kamu juga bisa melunasi cicilan kartu kredit dengan dana THR juga. Dengan melunasi utang kartu kredit, kamu bisa menghilangkan beban bunga yang harus kamu bayarkan setiap bulan.

Sisihkan untuk investasi

Dikarenakan THR bukan merupakan pendapatan rutin, sebaiknya kamu tidak menggunakan uang THR untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ada baiknya uang tersebut kamu gunakan untuk keperluan jangka panjang, misalnya berinvestasi. Sisihkan beberapa persen untuk dikumpulkan sebagai modal investasi. 

Jika sudah mencukupi, kamu bisa memilih instrumen investasi yang tepat dan menguntungkan sehingga uang yang kamu dapatkan akan mendatangkan manfaat yang maksimal. Berkonsultasilah kepada orang yang lebih mengerti agar kamu tidak salah pilih dalam berinvestasi ya.

Gunakan Sebagai Modal Bisnis

Karena jumlahnya yang tidak sedikit yakni 1-1,5 kali gaji membuat sebagian orang menggunakan dana THR sebagai modal bisnis. Daripada dihabiskan untuk kebutuhan konsumtif, ada baiknya kamu gunakan dana THR sebagai modal bisnis. Ada berbagai macam usaha rumahan yang tidak memerlukan modal dalam jumlah besar.

Kamu bisa gunakan dana THR yang jumlahnya satu kali gaji tersebut untuk membuka bisnis rumahan. Ada beberapa jenis usaha rumahan yang bisa kamu coba, catering makanan, jasa laundry rumahan, dan jasa cuci sepatu. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok, siapa tahu bisnis rumahan kamu akan berkembang.

Nah, semoga tips kelola THR untuk PNS dan pegawai swasta di atas dapat bermanfaat untuk kamu, ya. Jangan habiskan semua uang THR kamu untuk kebutuhan konsumtif, ya.