OTOMOTIF

Tips Klaim Mobil Lecet dengan Asuransi Mobil

Syarif Maulana
16-Dec-2020

Kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi di jalan, bahkan saat mobil parkir pun sangat mungkin terjadi hal tidak terduga seperti lecet atau baret sehingga cara mengklaim asuransinya pun penting untuk diketahui.

Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mendaftarkan kendaraan pribadi atau perusahaan seperti mobil ke dalam perlindungan asuransi. Lalu, ketika peristiwa tidak diinginkan seperti lecet terjadi, kamu harus sudah mengetahui bagaimana cara melakukan klaim asuransinya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tips mengenai cara klaim asuransi mobil lecet tersebut, simak ulasan berikut ini ya!

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Tips 

1. Lampirkan bukti foto

Pihak asuransi tentu tidak akan langsung mengabulkan klaim asuransi karena dibutuhkan bukti-bukti yang bisa menunjukkan kerusakan. Dalam hal ini, foto dari kondisi mobil atau kendaraan yang lecet akibat kejadian tidak terduga, yaitu seperti kecelakaan atau disenggol pengendara lain.

Bukti foto ini penting guna merekam kondisi riil dari kendaraan kamu pasca kecelakaan, terutama apabila kecelakaan atau benturan menyebabkan kendaraan rusak parah. Foto dapat pula turut disertakan ke pihak kepolisian apabila dibutuhkan.

2. Isi formulir pengajuan klaim

Walaupun terkadang kamu tidak begitu menyukai persoalan administrasi, tetapi pengisian formulir pengajuan klaim adalah salah satu hal utama. Pasalnya, klaim asuransi tersebut berdasarkan kelengkapan administrasi sehingga formulir merupakan hal yang mendasar.

Formulir tersebut biasa turut memuat pertanyaan mengenai apa yang dialami tertanggung, jadi pastikan mengisi formulir dengan teliti dan sesuai fakta yang terjadi. Pastikan mengisi semua hal yang tertera pada formulir dan tidak ada yang terlewat. Semakin lengkap kamu mengisinya, semakin jelas dan detail informasi yang diberikan pada pihak asuransi. Dengan begitu, klaim yang diajukan pun semakin mudah untuk diproses secepatnya.

3. Dokumen harus lengkap

Saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet, pihak asuransi akan meminta nasabahnya menyiapkan dokumen penting sebagai syarat. Perhatikan dalam langkah yang satu ini karena jika ada kesalahan, maka klaim yang diajukan akan sulit untuk dikabulkan oleh pihak asuransi. 

Kelengkapan dokumen tersebut di antaranya formulir klaim, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan Surat Keterangan Polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan, serta dokumen pertanggungjawaban pihak ketiga terkait kecelakaan jika ada.

4. Informasikan dan ceritakan kronologi kejadian dengan jelas

Berikan informasi selengkap mungkin dan runut dari sisi kronologi kejadian pemicu lecet pada badan kendaraan. Bisa jadi selain melalui formulir dan kelengkapan, guna mendukung klaim tersebut, kamu akan diwawancarai sehingga pastikan keterangan diberikan dengan sejelas-jelasnya dan sesuai kronologi kejadian yang sebenarnya.

5. Kontak pihak asuransi

Sebenarnya, mengontak pihak asuransi adalah hal pertama yang mesti dilakukan. Bagaimanapun, klaim hanya dapat dilakukan terhadap asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan kamu. 

Namun, selain asuransi Anda juga dapat mengontak pihak kepolisian apabila kendaraan Anda lebih dari sekedar lecet atau mengalami kecelakaan. Yang jelas, pihak asuransi menjadi salah satu pihak pertama yang mengetahui kejadian tersebut.

6. Upayakan menggunakan jasa bengkel rekanan

Ini yang kadang tidak benar-benar diperhatikan oleh nasabah asuransi kendaraan bermotor. Agar tidak rugi, pilih bengkel rekanan perusahaan asuransi kamu untuk melakukan perbaikan. Umumnya setelah melakukan pelaporan, biasanya nasabah ingin segera membawa mobil ke bengkel terdekat atau langganan saja.

Nah, khusus perkara ini, kamu harus bersabar karena jika sudah selesai melapor, pihak asuransi akan melakukan survei atas klaim yang diajukan baru ditindaklanjuti dengan jadwal perbaikan kendaraan.

Tahap ini sebaiknya ditindaklanjuti oleh nasabah dengan mengikuti instruksi terkait ke bengkel rekomendasi manakah mobil kamu sebaiknya dibawa untuk diperbaiki, yaitu ke bengkel yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi.

Dengan sudah mengetahui langkah-langkah klaim asuransi mobil ini semoga kamu dapat memahaminya dan bisa melaksanakan tips tadi ketika benar-benar mengalami hal yang tidak diinginkan, ya.

Jangan lupa, jika risiko mobil kamu lebih tinggi untuk mengalami lecet karena tertabrak tembok atau tersenggol motor karena padatnya lalu lintas, lebih baik pilih asuransi all risk yang dapat menanggung semua skala kerusakan.