PROPERTI

Tips Memulai Cicilan KPR Pada Usia 20an Agar Bisa Berhasil

Syarif Maulana
24-Aug-2021

Harga rumah selalu meningkat setiap tahun. Hal ini membuat sebagian besar orang enggan membeli rumah pribadi. Padahal rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Karena alasan harganya yang tinggi, sebagian orang memilih untuk membeli rumah dengan cara mencicil dengan Kredit Pemilikan Rumah atau biasa disebut dengan KPR.

Terlebih, banyak orang di usia muda kesulitan menerapkan gaya hidup hemat yang membuat mengumpulkan uang tabungan untuk membeli rumah kian sulit. Nah, apa benar membeli rumah hanya untuk orang yang sudah berumur saja dan sudah settle seperti di usia 30an? Gak juga kok, orang usia 20an juga bisa membeli rumah asal kamu bisa disiplin dalam mengatur keuangan. Apa saja yang harus kamu siapkan saat ingin mencicil KPR di usia 20an? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut:

Bayar Lunas Semua Utang

Salah satu tips agar kamu bisa mencicil KPR di usia 20an adalah dengan cara membayar lunas semua utang kamu. Tujuannya agar kamu bisa fokus mengalokasikan dana untuk membayar cicilan KPR. Pastikan kamu tidak memiliki cicilan KPR melebihi dari 30% pendapatan kamu karena akan mengganggu cash flow kamu.

Nah, oleh karena itu usahakan untuk membayar lunas semua utang, cicilan, dan pinjaman yang ada. Alasannya agar kamu bisa fokus membayar cicilan KPR yang cukup menguras kantong. Terlebih, bayar cicilan sampai lunas di bank juga akan meningkatkan skor kredit kamu yang berguna ketika mengajukan KPR di bank.

Buat Rekening Khusus untuk Membayar Cicilan KPR

Jika kamu memang bersungguh-sungguh untuk melakukan KPR di usia 20an, maka kamu harus menyiapkan rekening khusus untuk KPR. Pertama-tama kamu bisa memisahkan tabungan KPR dengan kebutuhan sehari-hari. Alasannya agar keuangan kamu tidak bercampur karena rekeningnya sudah dipisahkan.

Kamu harus mengumpulkan dana untuk DP KPR terlebih dahulu sebanyak 30% dari jumlah harga rumah yang tertera. Setelah DP sudah terkumpul, maka rekening tersebut bisa digunakan untuk menyimpan uang untuk membayarkan KPR setiap bulannya.

Menabung Pada Awal Bulan

Nah, untuk kamu yang ingin mencicil KPR di usia muda kamu harus membiasakan menabung di awal bulan. Pisahkan uang di awal bulan untuk membayar cicilan KPR dan menabung agar uang tersebut tidak terpakai untuk kebutuhan lain seperti belanja dan bayar tagihan lain seperti tagihan listrik atau BPJS

Jika kamu menabung pada akhir bulan dan mengandalkan sisa gaji yang ada, maka uang yang akan kamu setorkan ke tabungan akan tidak stabil dan tidak sesuai rencana awal. Kamu bisa menabung sebesar 10-20 persen dari jumlah pemasukan kamu. Sesuaikan jumlah tabungan dengan jumlah pemasukan kamu, ya.

Cari Kredit yang Memiliki Bunga Rendah

Jika kamu ingin melakukan KPR di usia 20an pastikan kamu memilih bank penyedia KPR dengan bunga yang rendah. Pasalnya, saat ini banyak bank yang menawarkan layanan KPR dengan bunga yang kompetitif. Kamu bisa membuat perbandingan antara satu bank dengan bank yang lain sebelum menentukan bank mana yang akan kamu pilih.

Nah, itulah beberapa cara agar kamu bisa mencicil KPR di usia 20an. Memang mencicil KPR di usia muda tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai cicilan pada usia 20an.

Artikel Terkait