PROPERTI

Tips Mengatur Uang Agar Tabungan Untuk Beli Rumah Tidak Terganggu

Syarif Maulana
17-Oct-2021

Sebagian orang pesimis memiliki tujuan keuangan untuk membeli rumah. Padahal, rumah merupakan kebutuhan primer dari setiap individu. Hal ini disebabkan tingginya harga rumah dan setiap tahun harganya terus meningkat. Sudah pasti bagi anak muda akan kesulitan dalam mengumpulkan uang untuk membeli rumah.

Padahal semua orang bisa membeli rumah asal kerja keras dan sungguh-sungguh dalam menabung. Kamu dan pasangan perlu bekerja sama dalam menabung agar bisa membeli rumah impian, jika tidak bisa beli rumah secara tunai atau cash keras, kamu bisa membeli rumah dengan KPR. Namun, ingat kamu tetap perlu membayar dp rumah sebesar 30 persen dari jumlah harga rumah tersebut. Lalu bagaimana cara menabung beli rumah agar tetap fokus dan uangnya tidak terpakai? Yuk, simak informasi lengkap dari abisgajian berikut ini:

Investasi Sedini Mungkin

Namanya mau membeli rumah pilihannya ada dua, jika tidak berhemat dan mengurangi pengeluaran, kamu bisa investasi sedini mungkin. Dengan investasi sejak muda, kamu bisa memiliki keuntungan berlipat ganda, lho. Siapa sih yang gak mau punya keuntungan berlipat ganda?

Nah, saat ini kamu tidak perlu uang dalam jumlah besar, saat ini sudah banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih mulai dari Rp100 ribu seperti investasi reksa dana. Untuk permulaan pastikan kamu memilih investasi dengan risiko kecil dulu agar bisa merasakan keuntungan dari berinvestasi. Jangan langsung pilih instrumen investasi yang berisiko tinggi.

Memiliki Dua Rekening

Mau tabungan rumah kamu tidak terganggu dengan keperluan lain? Sebaiknya kamu membuat dua rekening bank atau bahkan tiga rekening bank. Rekening pertama untuk biaya sehari-hari, rekening kedua untuk tabungan dan dana darurat, dan rekening ketiga untuk tabungan khusus rumah. Hal ini akan membantu kamu mengatur keuangan lebih spesifik.

Setelah memiliki rekening tersebut, kamu harus memiliki komitmen tinggi agar tabungan tetap bisa nambah. Percuma punya tiga rekening tetapi kamu tidak disiplin.

Bikin Target

Setiap hal memang harus ada targetnya biar bisa mudah dicapainya. Sebagai contoh tahun ini kamu memiliki target tahunan Rp30 juta, nah kamu jadi bisa membuat target menabung bulanan supaya tabungan kamu bisa terpenuhi. Lebih lanjut, menabung tanpa memiliki tujuan yang terukur juga akan membuat kamu bingung karena tidak ada angka yang harus dipenuhi dan membuat kamu mudah menyerah.

Menyisihkan di Awal Bulan

Agar tabungan rumah kamu aman dan tidak diganggu gugat, kamu harus menyisihkan uang tabungan di awal dan dalam rekening khusus. Soalnya, terkadang usaha untuk menabung bisa gagal total karena ada keperluan di tengah dan di akhir bulan. Jika tidak disisihkan dari awal bulan akan membuat tabungan kamu terpakai.

Kamu bisa menyisihkan uang untuk menabung rumah sebesar 20-30 persen total penghasilan kamu bersama pasangan. Cara ini bisa efektif kamu lakukan, jika kamu dan pasangan bisa berkomitmen bersama dalam menabung.

Itulah beberapa cara mengatur uang agar tabungan untuk beli rumah tidak terganggu. Selanjutnya, kamu bisa mengubah gaya hidup kamu atau melakukan penyesuaian agar uangnya bisa dialihkan ke dalam tabungan beli rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya.