FINANSIAL

Uang Bulanan Cepat Habis? Atasi dengan Mengurangi 5 Pos Keuangan Ini

Syarif Maulana
11-Apr-2021

Setiap orang tentu ingin menabung dan memiliki dana darurat. Akan tetapi, masih banyak nih karyawan yang uang bulanannya habis tidak tersisa di tengah bulan sebelum gajian datang lagi. Salah satu solusi dari permasalahan di atas adalah menambah pemasukan biar cukup atau bisa mengurangi pengeluaran dengan berhemat.

Memang berhemat tidak mudah, pasalnya, kamu harus memangkas dana-dana atau kebiasaan yang sudah ada. Sebagai contoh biasanya beli kopi kekinian setiap hari sekarang harus dikurangi agar bujet bulanan tidak membengkak. Nah, ternyata tidak hanya kopi kekinian yang bisa membuat bujet keuangan kamu membengkak. 

Ada pos-pos keuangan lain yang bisa kamu kurangi agar cash flow kamu bisa aman kalau bisa malah berlebih. Yuk, simak pos keuangan apa saja yang harus kamu kurangi:

Pulsa atau Kuota Internet

Tanpa disadari pulsa dan kuota internet mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Di masa WFH seperti saat ini, kamu jadi harus mengeluarkan bujet lebih untuk urusan internet. Jika dulu kamu hanya memerlukan paket Rp100 ribu untuk pulsa dan internet, sekarang kamu butuh sekitar Rp200 ribu untuk kuota internet urusan kantor.

Terlebih, jika kamu sudah punya anak dan harus sekolah online, anak kamu setidaknya membutuhkan Rp100 ribu per anak untuk kuota sekolah online. Belum lagi kuota untuk istri. Kalau sudah begini tidak ada salahnya kamu mencari jalan tengah dengan memasang layanan Wi-fi di rumah. Biayanya sekitar Rp150 ribu sampai Rp300 ribu tergantung kebutuhan dan berapa banyak anggota keluarga yang memakai internet.

Uang Transportasi

Pos keuangan yang bisa dirampingkan berikutnya adalah pos uang transportasi dan BBM. Pos ini memang memiliki besaran tergantung dengan kebiasaan masing-masing. Buat kamu yang sering berkendara ke kantor setiap hari menggunakan mobil, bisa tidak dua kali dalam seminggu menggunakan transportasi umum untuk mengurangi biaya transport, atau selang-seling menggunakan mobil dan motor untuk menghemat BBM.

Lebih lanjut, untuk membeli kebutuhan di minimarket, kamu bisa jalan kaki untuk hemat duit bensin dan parkir.

Biaya Makan

Umumnya, dalam satu hari orang akan makan tiga kali sehari. Nah, untuk menghemat uang dan pengeluaran kamu, kamu bisa coba untuk memasak makanan sendiri untuk makan siang dan makan malam atau untuk sarapan dan makan siang. Jadi dalam sekali masak, kamu bisa cover dua waktu makan.

Terlebih, jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, akan jauh lebih hemat jika kamu makan masakan di rumah dan sudah bisa diketahui kebersihan dan kesehatannya. Kurangi juga beli makanan dan jajanan secara online ya, soalnya harganya lebih tinggi dari rata-rata, ada biaya ongkos kirim serta pajak juga. Gak kebayang deh kalau setiap hari pesan makanan online, tagihan akan membengkak.

Belanja Bulanan

Belanja bulanan memang wajib masuk ke daftar pengeluaran, tetapi di pos ini kita bisa lakukan penghematan. Salah satu caranya adalah dengan membuat daftar belanja bulanan yang berisi kebutuhan utama atau pokok yang menjadi prioritas seperti beras, telur, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Maksimalkan bujet belanja bulanan dengan nominal yang sudah disepakati dari awal.

Jangan lupa manfaatkan promo yang tersedia, misalnya beli satu gratis satu, atau diskon dengan menggunakan kartu kredit yang kamu miliki. Sehabis bayar menggunakan kartu kredit, kamu bisa langsung membayar kartu kredit dengan jumlah sesuai belanjaan.

Peralatan Rumah Tangga

Ngomongin dekorasi rumah tangga memang tidak ada habisnya. Belum lagi soal perabotan rumah seperti perintilan piring cantik atau cangkir lucu, tiba-tiba dibeli padahal tidak masuk dalam anggaran. Untuk hal-hal seperti ini kamu harus cermat dan berpikir apakah membutuhkan barang-barang tersebut atau tidak. Jika tidak tahan diri dan nafsu untuk berhemat.

Alasannya, simpel barang yang ingin kamu beli sudah ada di rumah dan tidak memiliki manfaat baru di rumah selain dari segi estetis. Jadi kalau tidak dibeli kamu masih bisa menggunakan barang atau peralatan lain.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pos keuangan rumah tangga. Mengatur keuangan rumah tangga memang bukan perkara mudah, namun, jika sudah direncanakan dengan baik, kamu pasti bisa melakukannya.