ASURANSI

Yuk, Cari Tahu Asuransi Mana yang Harus Diutamakan Terlebih Dahulu

Syarif Maulana
29-Sep-2021

Setelah mengumpulkan dana tabungan dan dana darurat, kamu bisa mulai untuk berinvestasi. Namun, sebelum memulai untuk berinvestasi pastikan diri kamu terproteksi dengan yang namanya asuransi. Sebenarnya, pemerintah sudah memberikan jaminan kesehatan yang bernama BPJS Kesehatan, tetapi apa BPJS Kesehatan saja sudah cukup?

Saat ini sudah banyak asuransi yang tersedia di Indonesia mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, mobil hingga asuransi kecelakaan kerja. Fungsi asuransi pada umumnya untuk proteksi atas risiko kerugian, kerusakan, hingga risiko finansial akibat meninggal dunia. Nah, yang jadi persoalan adalah asuransi mana yang harus didahulukan dan paling dibutuhkan?

Apa memang harus memiliki semua jenis asuransi yang ada? Tentu biaya premi yang akan dibayarkan akan sangat tinggi sekali jika harus memiliki semua jenis asuransi. Perlu kamu ingat bahwa kebutuhan setiap orang untuk asuransi berbeda-beda, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. 

Alasannya, setiap orang memiliki kebutuhan dan kemampuan finansial yang berbeda-beda. Apa saja asuransi yang perlu didahulukan? Simak daftar asuransi yang umumnya dipilih dan dibutuhkan sebagian besar orang:

Asuransi Kesehatan

Setiap orang tentu memiliki risiko terkena penyakit baik di usia tua maupun usia muda. Hari ini kamu mungkin bisa menjalankan aktivitas dengan prima, tetapi tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan kondisi kesehatan kamu dalam beberapa tahun mendatang. Asuransi kesehatan memiliki peranan penting. 

Saat kamu terkena penyakit baik penyakit umum atau penyakit kritis, asuransi kesehatan akan menanggung biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit kamu baik rawat jalan maupun rawat inap. Jadi kamu tidak usah pusing lagi memikirkan biaya kesehatan.

Lalu bagaimana jika sudah memiliki BPJS Kesehatan? Asuransi kesehatan bisa digunakan berbarengan dengan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan bisa digunakan untuk beberapa penyakit kritis yang tidak ditanggung asuransi kesehatan, sedangkan asuransi kesehatan memiliki kelebihan dengan proses klaim yang mudah tanpa kamu perlu ke fasilitas kesehatan tingkat satu dan seterusnya.

Asuransi Jiwa

Selain asuransi kesehatan ada juga asuransi jiwa yang menyediakan perlindungan terhadap risiko kerugian atau kehilangan pendapatan seseorang akibat cacat total atau kematian anggota keluarga yang menjadi pencari nafkah. Sebagai contoh Budi merupakan pencari nafkah dengan istri dan dua anak, ketika Budi meninggal, istrinya harus membesarkan kedua anaknya dengan bekerja atau berbisnis.

Nah, asuransi jiwa bisa menggantikan peran Budi untuk sementara waktu dengan memberikan uang pertanggungan atau uang santunan kematian. Istri Budi bisa memanfaatkan uang santunan tersebut untuk membuka bisnis atau untuk biaya pendidikan kedua anaknya. 

Jika ditanya apakah kamu memerlukan asuransi jiwa?  Ya, sangat perlu jika kamu merupakan pencari nafkah.

Asuransi Pendidikan

Setiap orang tua tentu ingin memberikan hal terbaik untuk anaknya, termasuk dalam segi pendidikan. Nah, sebagai orang tua kamu bisa menjaga pendidikan anak kamu sampai kuliah nanti dengan asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan merupakan perlindungan finansial untuk dana pendidikan anak jika terjadi sesuatu kepada tertanggung atau orang tua

Singkatnya, bisa dikatakan asuransi pendidikan merupakan gabungan dari tabungan dan asuransi jiwa. Berbeda dengan tabungan pendidikan, asuransi jiwa akan membayarkan uang pendidikan anak hingga masuk universitas bahkan sebelum anak masuk usia kuliah.

Asuransi Mobil

Selain beberapa asuransi di atas, ada juga yang namanya asuransi mobil. Asuransi mobil akan memberikan perlindungan untuk mobil kamu baik mobil baru maupun mobil bekas. Ada dua jenis asuransi mobil atau kendaraan yakni asuransi all risk dan asuransi total loss only (TLO). Asuransi all risk memberikan manfaat perlindungan dari semua risiko, sedangkan asuransi TLO hanya memberikan perlindungan ketika mobil hilang atau mencapai kerusakan hingga 70%.

Asuransi Mana yang Cocok Buat Kamu?

Jadi mana nih asuransi yang cocok buat kamu? Untuk menjawab hal tersebut kamu harus melihat keadaan dan kemampuan finansial kamu. Jika kamu masih belum menikah asuransi kesehatan bisa kamu dahulukan, sedangkan jika kamu sudah menikah, otomatis kamu sudah punya tanggungan jadi bisa mempertimbangkan untuk beli asuransi jiwa.

Buat yang memiliki mobil, kamu juga harus mempertimbangkan risiko mobil rusak atau diserempet di tengah jalan. Jadi asuransi mobil bisa mulai dipertimbangkan, sedangkan untuk asuransi pendidikan hitung dulu premi yang dibayarkan dan jumlah uang pertanggungannya, apakah sepadan?

Itulah beberapa informasi seputar asuransi yang terdapat di Indonesia. Nah, sekarang kamu jadi tahu kan mana asuransi yang harus kamu pilih dan utamakan.