abisgajian.id

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Meskipun tidak diinginkan, kalau sedang keadaan sakit dampaknya tentu besar - terutama pada keuangan kamu dan keluarga. Fungsi asuransi kesehatan adalah sebagai solusi menghindari pengeluaran yang mendadak melonjak tinggi ketika sakit. Asuransi kesehatan adalah sistem penanggungan biaya medis oleh instansi penyedia asuransi di mana orang sakit yang ditanggung pengeluaran medisnya. Teknisnya, apabila seseorang yang tertanggung (orang yang punya asuransi) suatu saat jatuh sakit, maka pihak penanggung (pihak asuransi kesehatan) yang akan memberikan biaya perawatan kesehatan ke rumah sakit, klinik, atau apotek. Contohnya biaya konsultasi dokter, biaya obat-obatan, biaya rawat inap, sampai biaya tindakan operasi. Kamu sebagai pemegang polis asuransi perlu membayarkan premi secara rutin untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan ini.

Kebutuhan asuransi kesehatan

Orang baru ingat pentingnya kesehatan setelah mengalami sakit, namun kondisi seperti ini jelas sudah terlambat. Karena itu, sebetulnya semua orang butuh asuransi untuk "menyediakan payung sebelum hujan" dengan adanya pengalihan sumber pembiayaan yang dapat dimanfaatkan apabila nanti jatuh sakit.

Ada juga beberapa faktor-faktor yang dapat menjadi pertimbangan, seperti:

  • Faktor usia. Semakin tua, seseorang akan semakin rentan mengalami penyakit tertentu.
  • Faktor pekerjaan. Profesi tertentu membuat Anda lebih rentan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera, sakit, dan lain-lain.
  • Faktor manusia. Ini bisa terjadi karena kesalahan orang itu sendiri, misalnya kurang berhati-hati sehingga mengalami kecelakaan lalu lintas atau gaya hidup Anda kurang sehat sehingga rentan kena penyakit.
  • Faktor lingkungan. Bencana alam, kerusuhan, kebakaran, atau tragedi lainnya juga bisa mengancam kondisi kesehatan Anda.

Apa keuntungan asuransi kesehatan?

  • Memberikan rasa aman dan perlindungan dalam urusan kesehatan.
  • Risiko keluar biaya yang besar tidak perlu terjadi sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
  • Biaya pengeluaran untuk kesehatan lebih terkendali.

Jenis-jenis asuransi kesehatan

Pertumbuhan penduduk mengakibatkan tingginya permintaan rumah, sedangkan lahan yang dapat dibangun sangat terbatas. Pengembang pun membangun perumahan jauh dari pusat kota, sehingga lokasi rumah yang tersedia untuk dihuni semakin jauh. Jarak yang jauh tidak hanya menghabiskan waktu, tetapi juga berpengaruh pada pengeluaran transportasi.

Kredit pemilikan rumah dibatasi oleh usia

Berdasarkan pengelola dananya, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis: asuransi kesehatan pemerintah seperti BPJS Kesehatan dan asuransi swasta.

Pengelolaan dana asuransi kesehatan pemerintah tentu saja dilakukan oleh pemerintah. Sedangkan swasta dikelola oleh badan swasta tertentu.

Selain berdasarkan pengelola dana, asuransi untuk kesehatan juga dibagi berdasarkan jenis pelayanan yang ditanggung. Ada dua jenis asuransi berdasarkan kategori ini.

Pertama, jenis asuransi kesehatan yang menanggung seluruh biaya keperluan medis yang dibutuhkan saat sakit.

Kedua, jenis asuransi kesehatan yang menanggung hanya sebagian pelayanan kesehatan saja. Biasanya tidak semua tindakan yang akan ditanggung pada jenis ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipilih sesuai kontrak yang telah disetujui.

Bedanya asuransi swasta dibandingkan pemerintah

Asuransi kesehatan pemerintah angsurannya biasanya lebih murah dibandingkan swasta, akan tetapi berbeda dalam muPelayanan dari asuransi swasta biasanya lebih variatif, contoh: kamu bisa memilih sistem reimburse (bayar pribadi terlebih dahulu, lalu diklaim ke perusahaan asuransi agar diganti) atau bisa juga langsung dibayarkan oleh pihak asuransi.tu pelayanan.

Pelayanan dari asuransi swasta biasanya lebih variatif, contoh: kamu bisa memilih sistem reimburse (bayar pribadi terlebih dahulu, lalu diklaim ke perusahaan asuransi agar diganti) atau bisa juga langsung dibayarkan oleh pihak asuransi.

Asuransi juga dapat digunakan dengan jangkauan rumah sakit yang lebih luas.

FAQ : Asuransi Kesehatan
Apa strategi membeli atau menggunakan asuransi kesehatan?

1. Memilih paket asuransi
Sesuaikan asuransi dengan penghasilan karena kamu harus menyisihkan penghasilan kamu perbulan untuk membayar iuran asuransi tersebut. Bandingkan dengan beberapa perusahaan asuransi lainnya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan diri. Contoh: Kamu punya masalah di kesehatan gigi, pilihlah paket asuransi yang mencakup perawatan dan tindakan di dokter gigi. Setidaknya ini bisa membantu mempermudah pengobatan dan perawatan berdasarkan kondisi kesehatan kamu.

2. Bandingkan masalah daftar dokter, fasilitas, dan keuntungan
Gali info dari penyedia asuransi tentang batasan memilih dokter atau rumah sakit yang kamu ingin tuju untuk berobat. Minta daftar dokter dan rumah sakit yang ditanggung penyedia asuransi tersebut. Biasanya di tiap produk asuransi ada beberapa tingkatan pilihan fasilitas yang ingin digunakan dan biayanya pun berbeda-beda. Cari tahu juga fasilitas apa yang didapatkan pada paket asuransi. Contoh: vaksin, imunisasi dan pemeriksaan rutin lainnya. Pilih asuransi kesehatan yang rumah sakit atau dokternya bisa dihubungi dalam 24 jam. Pastikan juga dengan begitu, biaya gawat darurat, tindakan atau obat bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Perhatikan juga ketentuan rawat inap Jika kamu punya fasilitas klaim kesehatan dari kantor, perlu dilihat fasilitas dobel klaim paket asuransi yang akan diambil.

Simulasi Hitungan dalam Memilih Asuransi Kesehatan?

Sebagai contoh bisa dilihat pada contoh kasus berikut ini:
Data Keuangan Nasabah:
Gaji: Rp16.000.000
Biaya hidup: Rp3.000.000
Cicilan mobil: Rp5.000.000
Cicilan KPR: Rp3.000.000
Tagihan Kartu Kredit: Rp1.500.000
Sisa: Rp3.500.000
Sisa dana di atas bisa digunakan untuk dialokasikan ke asuransi kesehatan selama 10 tahun. Ambil saja Rp 1 juta per bulan dan sisanya bisa digunakan untuk berinvestasi. Berarti total uang yang disetorkan selama 10 tahun itu Rp120 juta.

Apa itu unit link dan keuntungannya?

Unit link adalah paket asuransi plus investasi.
Beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan saat mengambil paket unit link (asuransi kesehatan dan investasi) adalah sebagai berikut:

  • Hidup lebih tenang karena mendapatkan proteksi kesehatan dan tidak pusing memikirkan bagaimana biar dana berkembang.
  • Lebih mudah mengatur dan merencanakan keuangan mulai dari tabungan, investasi, dan asuransi dalam satu paket – konsolidasi.
Pelajari Produk Lainnya
Artikel