abisgajian.id

Kredit Kepemilikan Kendaraan

"Aduh, kalau nga punya mobil ribet banget. Tapi masalahnya belum cukup duitnya."
"Gimana bisa punya motor ya? Pusing ni kemana-mana susah."

Kredit Kepemilikan Kendaraan (K3) adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank atau perusahaan pembiayaan untuk pembelian kendaraan baru atau bekas. Khusus untuk Kendaraan bekas, bank biasanya menetapkan batasan usia kendaraan yang dapat dibiayai sesuai ketentuan bank.

Kredit Kepemilikan Kendaraan : FAQ
Apa keuntungan kredit kendaraan bermotor?
1. Solusi Bagi kamu yang Belum Memiliki Dana di Awal

Mobil kini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang utama, meski bukan kebutuhan primer. Tetapi harga mobil juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan gaji standar, sulit untuk bisa menabung demi membeli mobil. Bisa-bisa baru beli mobil 10 tahun lagi.
Oleh karena itulah, dibuat produk pinjaman berupa Kredit Kendaraan Bermotor yang bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Dengan kredit mobil, k bisa memiliki mobil sambil membayar perlahan-lahan dalam jumlah yang masuk akal.

2. Akan Menghasilkan Uang Jika Dimanfaatkan Dengan Produktif

Bagi yang membeli mobil untuk kebutuhan usaha, maka kredit bisa membantu perputaran uang agar tetap terjaga. Namun tetap harus menghitung dahulu estimasi keuntungan usaha yang dilakukan. Jangan sampai pemasukan lebih kecil daripada pengeluaran. Jika tidak, bisa saja berisiko kredit macet.

3. Bisa Memiliki Mobil Walau Belum Bayar Lunas

Jika menabung baru bisa dapat membeli mobil mungkin 10 -15 tahun selanjutnya, tetapi dengan kredit mobil kamu bisa menggunakannya sejak awal, meski belum lunas. Bahkan kini tidak jarang kredit mobil yang menawarkan DP 0% atau suku bunga yang ringan, yang pastinya menjadi salah satu daya tarik kredit daripada bayar lunas.

4. Adanya Asuransi Dalam Kredit Mobil

Dengan mengajukan kredit mobil, umumnya kamu otomatis akan mendapatkan asuransi. Dengan demikian, meski mobil masih dalam proses pembiayaan dan belum lunas, mobil akan terus berada di bawah perlindungan asuransi. Jika kamu membeli mobil secara tunai, maka perlu membeli asuransinya secara terpisah.

5. Syaratnya Mudah

Dibandingkan mengambil produk pinjaman lain untuk membeli mobil, kredit mobil syaratnya cukup mudah.

6. Dana Dapat Digunakan Untuk Kebutuhan Lain

Meski memiliki dana memadai untuk membeli mobil, beberapa orang tetap memilih untuk kredit mobil. Untuk bisa menggunakan dana yang ada untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak terlebih dahulu, atau mungkin menginvestasikannya dengan tingkat pengembalian lebih tinggi daripada suku bunga kredit mobil.

Apa saja hal yang harus diperhatikan:

1. Pilihlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan harganya terjangkau kemampuan keuangan.
2. Belilah kendaraan pada dealer resmi atau show room yang menjalin kerjasama dengan bank.
3. Pastikan kendaraan disertai dengan dokumen yang lengkap dan tidak dalam status diblokir oleh pihak kepolisian.
4. Perhatikan secara seksama syarat dan ketentuan kredit, diantaranya mengenai cara perhitungan bunga, pembayaran angsuran, pelunasan ipercepat, dan lain-lain.
5. Siapkan uang muka (down payment) yang menjadi beban oamu. Bank pada umumnya tidak membiayai seluruhnya atas harga kendaraan yang akan dibeli.

Apa saja persyaratan KKB?

1. Fotokopi dokumen identitas.
2. Slip gaji/keterangan penghasilan.
3. Fotokopi rekening bank.
4. Jenis, merek, dan tahun keluaran kendaraan yang dapat dibiayai dengan K3 disesuaikan dengan ketentuan bank.

Pelajari Produk Lainnya