abisgajian.id

Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Ini salah satu jenis asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Pada dasarnya, asuransi jiwa adalah satu layanan asuransi yang digunakan sebagai bentuk perlindungan. Kematian anggota keluarga yang sebelumnya berperan sebagai sumber nafkah dapat menimbulkan kerugian finansial atau hilangnya pendapatan keluarga. Asuransi jiwa memberikan perlindungan dari risiko finasial tersebut bagi keluarga ditinggalkan yang kemungkinan akan mengalami kesulitan ekonomi kedepannya. Asuransi jiwa bertujuan untuk menjamin kelangsungan keuangan keluarga, pendidikan anak-anak, kesehatan dan kelayakan hidup anggota keluarga yang ditinggalkan.

FAQ : Asuransi Jiwa
Apa manfaat Asuransi Jiwa?

1. Menangkan Pikiran

Akibat kematian tidak hanya perasaan duka bagi keluarga yang ditinggalkan tapi juga membawa dampak finansial. Risiko ini tentu bisa dimitigasi melalui polis asuransi yang bisa menjamin keuangan keluarga masih dalam kondisi aman setelah menghadapi kematian anggota keluarga.

2. Menjamin Pendidikan Anak

Ini sangat penting untuk kamu yang mempunyai anak yang masih menempuh pendidikan-terutama mereka yang dalam usia kanak-kanak, di mana jalur tempuh pendidikan yang harus mereka jalani masih sangat jauh dan membutuhkan banyak biaya untuk melanjutkannya. Pastinya, kamu tidak mau anak yang kamu tinggalkan harus berhenti sekolah dan tidak lagi bisa bercita-cita tinggi.

3. Menabung

Asuransi jiwa juga bisa digunakan sebagai bentuk tabungan dan antisipasi bagi hal buruk yang bisa saja datang sewaktu-waktu menimpa kamu dan keluarga.

Kapan dan Siapa Saja yang Membutuhkan Asuransi Jiwa?

Semua yang peduli dan ingin melindungi dan memberikan jaminan keuangan bagi keluarga mereka pada saat mereka telah meninggal dunia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa sayang terhadap keluarga.

Waktu yang paling tepat untuk memiliki sebuah asuransi jiwa - pada saat kamu sudah memiliki tanggungan di dalam hidup kamu. Dengan begitu, tanggungan kamu tidak akan mengalami kesulitan keuangan jika sewaktu-waktu kamu meninggal dunia.

Apa itu Premi dalam Asuransi Jiwa?

Premi adalah bentuk kewajiban pemegang polis atas keikutsertaan asuransi yang dibayarkan dengan periode setiap bulan, triwulan, atau bahkan tahunan.

Faktor-faktor yang akan mempengaruhi besaran premi antara lain adalah usia, riwayat medis, hobi dan kebiasaan.

Bagaimana meng-klaim polis asuransi jiwa?
Anggota keluarga yang ditinggalkan harus mengisi klaim resmi asuransi.
Dokumen pendukung yang diperlukan:
  • Sertifikat kematian atau bukti kematian yang menunjukkan tanggal, lokasi dan penyebab kematian tersebut.
  • Polis asli asuransi
Klaim ini akan diselesaikan dalam satu lump sum pembayaran kepada orang yang namanya tercantum di dalam kontrak kebijakan dan bertindak sebagai penerima. Namun klaim bisa saja ditolak oleh pihak perusahaan asuransi jika ternyata ada kejanggalan atau indikasi penipuan dalam kematian yang terjadi.
Pelajari Produk Lainnya
Artikel