abisgajian.id

Saham

Pada dasarnya, saham adalah sebuah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan / badan usaha. Jadi, saat kamu membeli sebuah saham, maka kamu menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut. Karena itulah Saham disebut sebagai surat berharga, karena saham kamu merepresentasikan kepemilikan di perusahaan yang kamu miliki / beli.

FAQ : Investasi Saham
Bagaimana Cara memulai investasi saham?

Investor biasanya membutuhkan perusahaan broker atau sekuritas dalam melakukan transaksi jual beli di BEI. Memilih broker saham tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan broker yang dituju sudah terdaftar dan mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Usai mendapat perusahaan broker saham yang tepat, selanjutnya kamu bisa melakukan pembukaan rekening di satu atau beberapa perusahaan dengan menyertakan identitas diri. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian terkait hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Apa Keuntungan Investasi Saham?
  1. Capital gain

    Alias kenaikan harga saham adalah keuntungan yang didapat dari hasil selisih harga jual dan harga beli saham. Hal ini bisa saja terjadi karena banyaknya aktivitas perdagangan di bursa efek. Untuk mendapatkan untung, harga saham saat dijual harus lebih tinggi dibandingkan saat pembiliannya.

  2. Dividen

    Dividen adalah pembagian laba yang diberikan pihak perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Biasanya perusahaan tidak memberikan keseluruhan laba kepada investor karena sebagian akan digunakan kembali untuk mendanai kegiatan bisnis perusahaan di tahun berikutnya.

Apa Kerugian/Risiko Bermain Saham?

Nyatanya ada juga risiko kerugian yang bisa kamu alami bila salah mengambil keputusan investasi.

  1. Capital loss

    Kebalikan dari capital gain, capital loss adalah kondisi dimana investor mengalami kerugian lantaran harga jual saham yang merosot drastis dibandingkan saat pembeliannya pertama kali.

  2. Likuidasi

    Kondisi ini bisa saja terjadi apabila perusahaan mengalami kebangkrutan dan terpaksa ditutup.
    Maka dari itu, ada baiknya tidak menanam saham di satu perusahaan saja.

Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham?

Investor biasanya membutuhkan perusahaan broker atau sekuritas dalam melakukan transaksi jual beli di BEI. Memilih broker saham tidak bisa dilakukan sembarangan.

Berapa Modal Awal Investasi Saham yang Diperlukan?

Beberapa perusahaan broker saham saat ini sudah menyediakan fasilitas menanam saham dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagai seorang milenial, kamu bisa memulai investasi dengan patokan harga Rp1 hingga Rp5 juta.
Bila modal sudah terkumpul, jangan lupa untuk melakukan transaksi jual beli saham di BEI sesuai dengan kebijakan waktu yang ditetapkan pihak BEI.
Jadwal transaksi yang ditetapkan pihak BEI, umumnya hanya berlaku di hari kerja saja yaitu Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

Apa Strategi Investasi Saham untuk Pemula?
  • Pantau selalu kondisi ekonomi
  • Mulai investasi dalam jumlah kecil
  • Pilih broker yang terpercaya
Pelajari Produk Lainnya
Artikel